4.08.2009

Deli Shop

Dibuai Desire dan Kelembutan Tiramisu

Jakarta - Sepotong Desire yang saya kunyah benar-benar memberi kejutan dahsyat di lidah. Bukan hanya cokelat yang manis sedikit pahit, tetapi permainan tesktur pada cake ini memang diperhitungkan dengan cermat. Sensasi rasanya benar-benar membuai, bagai dimabuk cinta!

Saat melihat deretan potongan cake cokelat di lemari kaca Deli Shop saya benar-benar kehilangan kontrol. Bagaimana tidak? Sebagai penggemar cokelat Valrhona sudah lama saya memendam rindu mencicipi cokelat buatan Prancis ini. Agak sulit mencari cokelat Valrhona di Jakarta. Kini, di depan saya berderet-deret cake cokelat cantik menggiurkan dan terbuat dari cokelat Valrhona!

Untung saja sore itu Deli Shop yang berlokasi di lantai dasar Hotel Shangri-la Jakarta sedang agak sepi sehingga saya bisa leluasa menentukan pilihan. Di sisi kiri berjajar aneka roti, dari whole wheat bread, roti manis, Danish pastry, hingga aneka donat.

Di lemari kaca tengah ada aneka cake yang menggoda. Delice, Desire, Tiramisu, Red Fruit Macaron, Chocolate Macaron, Williams dan Sultan Nougat. Juga beragam chocolate truffle yang menggoda selera, ada yang berbentuk oval, segi empat dengan sepuhan warna emas, tembaga, cokelat pekat dan beragam campuran kacang.Di ujung kanan beragam sandwich ditata dalam kotak transparan; Beef Cheese Sausage Puff, Chicken Sandwich, Vegetable Sandwich dan Tuna Sandwich serta berbagai puff pastry dengan aneka isi.

Setelah mendapat info kalau semua cake dan truffle memakai cokelat Valrhona saya makin bingung. Cokelat Valrhona Jivara, Manjari dan Guajana yang jadi favorit saya sudah berbulan-bulan tak mampir di lidah. Akhirnya saya memilih Tiramisu, Desire, dan Red Fruit Macaron.

Sambil menanti kue-kue disiapkan, saya pun melihat-lihat toko kue yang ditata dengan nuansa cokelat hitam yang hangat. Ada beragam kue kering, ada home made hazelnut spread, home made apple jelly dan aneka chocolate truffle dalam kotak-kotak cantik. Aduh, kok jadi pengin truffle juga ya?

Karena tak tahan lagi, sepotong dark chocolate truffle berhiaskan bintik emas sudah masuk mulut. Wouw... cokelat Manjari dark couverture langsung lumer di lidah, trufflenya terasa sangat lembut. Tak ada rasa manis berlebihan, semuanya alami, khas Valrhona!

Sesuai namanya 'Desire' tampil dalam potongan setengah bulatan, ditutup gelang cokelat, mirip Saturnus, sangat menggiurkan. Setelah digigit barulah terasa hebohnya. Cake cokelat dilapisi chocolate mousse dengan lapisan selai strawberry. Rasanya manis, lembut, asam berselang-seling. Inilah karya pastry Chef Guillaume Bonnetty yang populer di Deli Shop.

Red Fruit Macaron berwarna merah menyala bak cinta membara juga penuh kejutan. Macaron dengan campuran almond bubuk, rasanya kering krenyes-krenyes plus sedikit olesan krim dan sebaran raspberry segar yang asam manis. Wuih..benar-benar seheboh warnanya!

Tiramisu yang disajikan berupa potongan segi empat sekitar 10x6 cm, tak beda dengan tiramisu umumnya. Saat potongan dessert khas Italia ini menyentuh lidah, barulah terasa dahsyatnya. Cake cokelatnya lembut, tak ada jejak manis berlebihan, krimnya berselang-seling dengan cake, beraroma kuat cokelat dan semburat lembut kopi.

Di olesan bagian atas sangat terasa bahwa keju mascarpone yang jadi campuran olesan tidak basah lembek dan asin. Namun, kenyal, lembut, beraroma harum susu dan sangat mengelus lidah. Saya nyaris yakin kalau keju mascarpone yang dipakai bukan buatan lokal atau Amerika tetapi asli Italia! Lempengan cokelat Valrhona yang dipakai sebagai hiasan juga tak bersisa bersama serpihan tiramisu ini.

Setelah program diet saya di awal minggu gugur dengan sukses, maka saya juga tak mau tanggung-tanggung lagi. Beberapa potong Danish pastry pun sudah saya pesan untuk dinikmati di rumah.

Hampir saja saya mengambil loly pop bundar besar, ada yang bening transparan, ada juga yang terbuat dari milk chocolate dan white chocolate dengan cincangan kacang. Nyaris tak tahan dengan godaan cantiknya. Setelah meneguk lemom squash dingin buru-buru saya tinggalkan Deli Shop. Tentu saya bakal kembali lagi buat menuntaskan rindu pada sang Valrhona!


Deli Shop
Hotel Shangri-la Jakarta
Kota BNI, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta
Telpon: 021-570-7440
Jam buka : 24 jam (tiap hari pada pukul 19.00-22.00 ada diskon khusus untuk semua jenis kue)
Harga : Kue dan roti per potong mulai Rp. 22.000,00 – Rp. 45.000, tersedia kue utuh

No comments: