12.22.2010

PERAWATAN RAMBUT RONTOK

PERAWATAN MUDAH DI  RUMAH
1 Yang utama adalah menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi KULIT KEPALA . Untuk menambah kekuatan helai rambut, pilih sampo dengan formulasi yang aman digunakan setiap hari. Pilih produk yang mengandung bahan yang dapat membersihkan kotoran dengan lembut tanpa mengiritasi kulit kepala, sekaligus bisa menguatkan rambut, mulai dari akar hingga ke ujung rambut.

2 Kondisioner bermanfaat untuk melawan sifat rambut yang alkalis. Asam yang terkandung di dalam kondisioner akan memberi semacam lapisan perlindungan bagi kutikula rambut. Kondisioner juga membantu melembapkan dan ‘melumasi’ sel rambut sehingga membuatnya bercahaya. Sebetulnya, rambut memproduksi minyak, tetapi pada rambut yang panjang, minyak tidak sampai pada ujung rambut. Inilah salah satu guna kondisioner. kondisioner bekerja di titik rentan dan kering, serta mengembalikan kekuatan dan kelembutan rambut. Usapkan kondisioner pada batang rambut saja. Hindari mengoleskan kondisioner pada kulit kepala, terutama bila kulit kepala cenderung berminyak atau berketombe.

3 kondisioner saja kini tak cukup. Hidup di kota besar, rambut jadi lebih rentan terhadap radikal bebas, asap knalpot, dan debu.Belum lagi berbagai produk styling rambut yang berbahan kimia hingga pelurusan/pengeritingan dan pewarnaan rambut, semuanya dapat merusak kutikula rambut. Usai keramas, usapkan Leave-On serum yang berkhasiat merawat helaian rambut yang kasar dan lemah secara instan kapan pun dan di mana pun. Serum ini merupakan formulasi ringan tanpa rasa lengket, menghaluskan rambut sehingga mengurangi rambut patah pada saat menyisir. Serum ini juga melindungi rambut dari kerusakan akibat penataan rambut sehari-hari sehingga rambut terhindar dari kerontokan karena batangnya patah.

4 Luangkan waktu yang cukup untuk memijat kulit kepala saat keramas. Memijat kulit kepala berfungsi
untuk membantu memperlancar peredaran darah. Darah akan menuju pembuluh kapiler untuk mengantarkan makanan bagi akar-akar rambut.

5 Sebisa mungkin, keringkan rambut dengan handuk usai keramas. Bila memungkinkan, pergunakan hairdryer pada saat akan menata rambut untuk acara spesial saja.

6 Bila mengenakan jilbab, segeralah membukanya sesampainya di rumah. Hindari mengenakan jilbab yang sama setiap hari. Sebisa mungkin, ganti jilbab dengan yang baru, bila udara lembap atau Anda kehujanan.

7 Bagi yang sering beraktivitas outdoor, lindungi rambut dan kulit kepala dari terpaan sinar matahari langsung dengan mengenakan payung atau topi. Berhati-hatilah terhadap kaporit di dalamkolam karena mengikis kelembapan sel batang rambut. Lindungi rambut dengan mengoleskan kondisioner sebelum masuk ke kolam.

8 Banyaklah mengonsumsi sayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Atau minumlah suplemen yang mengandung vitamin B6 dan zinc, terutama jika Anda memang kurang mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari makanan. Vitamin B5 dan B6 mengatur produksi sebum, minyak yang melumasi folikel rambut sehingga menghasilkan batang rambut yang sehat.

No comments: