4.02.2008

Anda Berharga

e-RH(c)%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Tanggal: Selasa, 25 Maret 2008
Bacaan : Yesaya 43:1-7
Setahun: 1 Samuel 13-14

Nats: Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku
ini mengasihi engkau (Yesaya 43:4)

Judul:
ANDA BERHARGA

Relakah Anda mengeluarkan uang ratusan juta atau menulis cek
bernilai jutaan untuk sebuah barang yang tidak berharga? Tentu
tidak! Kita bersedia membayar mahal hanya untuk sesuatu yang kita
anggap berharga dan bernilai.

Demikian juga ketika Allah meninggalkan takhta kemuliaan-Nya di
surga, turun dan mengambil rupa seorang hamba, serta mati disalib
untuk menebus manusia dari dosa. Bukankah ini sebuah harga yang
begitu mahal? Lalu, apakah mungkin Allah mau menebus sesuatu yang
tidak berarti dengan harga mahal? Tentu tidak! Jika Allah
mengurbankan Anak-Nya yang tunggal dan sangat berarti bagi-Nya untuk
sesuatu yang tidak berharga, tentu ini sebuah kekonyolan besar!

Mengapa Allah melakukan semua itu demi kita? Sekarang kita memiliki
jawaban pasti: karena kita berharga di mata-Nya! Bacaan hari ini
memuat beberapa ungkapan tentang betapa berharganya kita sebagai
kepunyaan-Nya (ayat 1,3,4). Itu sebabnya Allah mau mengurbankan
segala sesuatu untuk menyelamatkan kita. Dia mengejar, mencari,
melongok ke tempat gelap untuk mencari manusia yang terhilang.

Biarlah pengertian ini memupus semua cara pandang yang salah tentang
diri sendiri. Selama ini mungkin kita merasa tidak berarti dan tidak
berharga. Mungkin kita memiliki latar belakang dan masa lalu yang
suram. Jangan biarkan hal ini merasuk dan merusak diri kita. Jangan
mudah memercayai apa yang dikatakan orang lain atau diri sendiri
mengenai diri Anda, tetapi percayalah pada apa yang dikatakan Tuhan
tentang diri kita, "Engkau berharga di mata-Ku" (Yesaya 43:4) -PK

TUHAN BERKURBAN DENGAN HARGA MAHAL
UNTUK SESUATU YANG SUNGGUH BERARTI


Yesaya 43:1-7

1. Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan
engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah
takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau
dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai
engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan
dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak
akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.
3 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel,
Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan
Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.
4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini
mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu,
dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.
5 Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau, Aku akan
mendatangkan anak cucumu dari timur, dan Aku akan menghimpun
engkau dari barat.
6 Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada
selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki
dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi,
7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan
untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"



%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

No comments: