6.06.2008

Kantor Baru

Kesan baik yang dapat Anda berikan kepada atasan dan rekan sekerja Anda terletak pada minggu-minggu pertama Anda mulai bekerja di suatu tempat, atau pada saat mulai mendapatkan bos baru.

1. Istirahat
Sebaiknya Anda betul-betul beristirahat beberapa hari sebelum memulai pekerjaan baru agar Anda tampil prima di hari pertama.

2. Periksa ulang catatan
Baca dan hafalkan nama-nama dan posisi orang yang Anda temui pada saat Anda di wawancara. Ini penting, agar Anda dapat menyapa dengan menyebutkan nama mereka dengan tepat.

3. Pelajari dan hafalkan
Kumpulkan kembali informasi penting serta latar belakang perusahaan tersebut baik dari brosur ataupun kumpulan kliping koran. Cari tahu tentang kompetitor perusahaan tersebut agar Anda mendapat gambaran secara umum.

4. Bekerja sehari penuh
Anda perlu mengetahui ke mana dan kepada siapa Anda bertemu di hari pertama. Tiba 30 menit lebih awal sebelum jam kerja dimulai dan pulang tidak melebihi jam kerja dan usahakan bersama-sama dengan rekan sekerja yang lain.

5. Tampil dengan energi yang positif
Tampil dan perlihatkan sikap bahwa Anda senang bergabung dengan tim kerja dari perusahaan tersebut.

6. Jaga penampilan
Ingat, Anda orang baru dan semua mata akan tertuju pada Anda oleh karena itu perhatikan penampilan Anda. Berpakaianlah yang sopan, tidak berlebihan tetapi tetap menarik.

7. Buat catatan
Catat semua prosedur, nama-nama dari para penentu di perusahaan tersebut serta nomer teleponnya agar Anda tampak sebagai pekerja yang dapat belajar dengan cepat.

8. Bersikap fleksibel
Siap dengan tantangan yang tak terhindarkan. Sikap yang fleksibel dapat mengurangi stres bagi Anda maupun rekan sekerja lainnya.

9. Perlihatkan sikap menghargai
Bersikap baik dan menghargai rekan sekerja yang membantu Anda.

10. Jadi pendengar yang baik
80 persen mendengar, 20 persen berbicara. sebaiknya Anda tidak memberikan pendapat atau pun penilaian Anda bila tidak diperlukan, karena akan membahayakan diri Anda. Anda akan lebih dihargai bila lebih banyak bersikap sebagai pendengar dan menyerap apa yang dikatakan atau diajarkan oleh rekan sekerja Anda. Jangan bersikap sombong dan mempelihatkan Anda lebih tahu.

11. Kenali atasan Anda
Teliti kepribadian dan gaya kerja atasan serta sesuaikan interasi Anda dengannya berdasarkan pilihannya.

12. Cari informasi
Perjelas apa yang diharapkan dari Anda. Pastikan Anda dan atasan memiliki sisi pandang yang sama.

13. Membaur dengan rekan sekerja lain
Sedapat mungkin berkenalan dengan sebanyak orang di perusahaan tersebut terutama rekan sekerja dari tim kerja Anda dan rekan sekerja dengan siapa Anda bekerja secara tetap. Jalin hubungan baik dan dari sini akan timbul kepercayaan.

14. Identifikasi pemain kunci
Cari tahu siapa penentu keputusan, siapa yang berpengaruh, siapa yang disayang. Perhatikan dan contoh kebiasaan mereka.

15. Bongkar agenda yang tersembunyi
Tandai setiap ada masalah politis di tempat kerja Anda. Jangan libatkan diri pada masalah tersebut.

16. Berinisiatif
Bila anda sudah selesai mengerjakan tugas Anda beritahu atasan dan tanyakan apa ada tugas yang lebih besar.

17. Jangan melakukan perubahan yang besar
Walaupun pada saat diwawancara pewawancara mengatakan kepada Anda bahwa perusahaan tersebut mencari pekerja yang penuh dengan ide yang segar, Anda perlu berhati-hati merealisirnya.
Hormati rekan sekerja yang telah bekerja keras untuk proyeknya atau sistem prosedur untuk suatu atau lebih dari pekerjaan tertentu sebelum Anda mencoba untuk mengubahnya. Sangat mungkin ada hambatan yang mungkin Anda tidak sadari.

18. Bersedia menjadi pemain tim
Jangan terlibat gosip, dan jangan menjelekkan atasan Anda. Puji sesama rekan kerja.

No comments: