7.28.2008

Mulai 2010 LA Larang Kantong Plastik

LOS ANGELES, RABU - Pemerintah Kota Los Angeles akan melarang pusat perbelanjaan menyediakan kantung plastik mulai 1 Juli 2010. Mulai saat itu konsumen yang membeli barang-barang dari toko ritel harus membawa kantung sendiri atau membeli kantung kertas atau bahan ramah lingkungan lainnya yang dijual 25 sen (atau sekitar Rp2600).

Dengan kebijakan ini, Los Angeles akan menjadi kota kedua di AS yang memberlakukan pengetatan penggunaan kantung plastik. San Fransisco yang sama-sama kota di California telah menetapkan aturan serupa sejak tahun 2007.

Namun, dampak yang dapat disumbangkan Los Angeles mungkin lebih besar sebagai kota terbesar kedua di AS setelah New York. Setiap tahun penduduk Los Angeles menggunakan tak kurang dari 2,3 miliar kantung plastik. Sebagian besar berakhir menjadi sampah yang sulit didaur ulang dan menjaid polusi.

Keluarnya kebijakan tersebut merupakan ancang-ancang sebelum dikeluarkannya undang-undang yang akan melarang penggunaan plastik pada tahun 2012 di seluruh California.

No comments: