3.31.2009

Perhatikan dan Pelihara

Pada bulan ke-2 diawal kuliah saya, seorang Profesor
memberikan quiz mendadak pada kami. Karena kebetulan cukup menyimak semua
kuliah-kuliahnya, saya cukup cepat menyelesaikan soal-soal quiz, sampai
pada
soal yang terakhir.

Isi Soal terakhir ini adalah : Siapa nama depan wanita
menjadi petugas pembersih sekolah ?.

Saya yakin soal ini cuma 'bercanda'. Saya sering
melihat perempuan ini. Tinggi,berambut gelap dan berusia sekitar 50-an,
tapi
bagaimana saya tahu nama depannya... ? Saya kumpulkan saja kertas ujian
saya,
tentu saja dengan jawaban soal terakhir kosong. Sebelum kelas usai,
seorang
rekan bertanya pada Profesor itu, mengenai soal terakhir akan
'dihitung' atau tidak.

'Tentu Saja Dihitung !!' kata si Profesor.

'Pada perjalanan karirmu, kamu akan ketemu banyak
orang. Semuanya penting!.

Semua harus kamu perhatikan dan pelihara, walaupun itu cuma
dengan sepotong senyuman, atau sekilas 'hallo'!

Saya selalu ingat pelajaran itu. Saya kemudian tahu, bahwa
nama depan ibu pembersih sekolah adalah 'Dorothy'.

No comments: