4.07.2009

Bakso Urat Pak Mih

Bakso Urat Pak Mih Bikin Ketagihan!!

Jakarta - Udara sore di awal musim hujan terasa dingin menusuk tulang. Semangkuk bakso urat berkuah panas mengepul benar-benar jadi obat mujarab penghangat tubuh. Baksonya lentur dengan rasa daging yang gurih enak. Slruup…kuahnya gurih-gurih pedas dan hangat! Mau coba?

Sore yang diguyur hujan rintik-rintik membuat angin terasa dingin. Di tengah kemacetan di kawasan Kalibata, teman saya tiba-tiba memeberi tawaran yang hebat. 'Ngebakso yuk!'. Hmm..siapa yang sanggup menolak. Langsung terbayang semangkok bakso panas mengepul!

Kamipun menuju ke sebuah areal parkir yang ada di seberang Taman Makam Pahlawan Kalibata. Tempat ini memang dari dulu terkenal sebagai pusat jajanan kaki lima yang lumayan enak. Berderet-deret tenda banyak berdiri di tempat ini. Sayangnya kedatangan kami masih terlalu awal, masih banyak pemilik warung tenda tengah sibuk menata dagangannya.

Segera kami mengenali tenda pak Mih yang sudah dipadati pengunjung. Dari dulu pak Mih tersohor karena bakso urat dan bakso sapi. Kamipun buru-buru mencari tempat duduk. Wah, aroma khas kaldu daging sapi yang gurih sudah menguar di udara. Membuat kami ingin buru-buru mencicipi bakso kuah!

Karena pilihan hanya dua akhirnya saya pun memutuskan untuk memilih Bakso urat komplit. Minumnya saya memilih es campur dan teh manis dari Depot Minuman Segar Chaniago yang berada tepat disebelah kiri Warung Bakso Urat Pak Mih.

Sambil menunggu bakso pesanan kami selesai diracik, saya sempat melihat beberapa orang tengah sibuk mendirikan tenda. Ternyata area parkir ini sudah berubah menjadi tempat yang menyajikan berbagai makanan yang sangat bervariasi. Mulai dari bakso, bubur ayam, siomay, kedai minuman, masakan Padang, hingga masakan Jepang pun ada. Kalau pagi tempat ini menjadi area parkir namun ketika sore berubah menjadi pusat jajanan yang cukup enak dan relatif murah.

Bakso urat pun akhirnya tersaji dihadapan saya. Disajikan dalam mangkuk sedang dan harum kuahnya langsung menyergap hidung. Kuahnya bening dengan taburan irisan seledri dan bawang merah goreng yang sangat royal menambah harum aroma kuah baksonya.

Semangkok bakso urat terdiri dari tiga buah bakso sapi ukuran sedang dan sebuah bakso yang berisi urat dengan ukuran yang lebih besar dan sebuah tahu goreng berbentuk segitiga. Ketika mencicipi kuahnya hmm.. rasanya sangat gurih namun tidak berlebihan. Bakso sapinya kenyal lembut dengan rasa daging yang kuat.

Sedangkan bakso urat yang berukuran lebih besar ini berisi urat, daging sapi yang cukup padat, dan sedikit tulang rawan sapi. Ketika suapan pertama menyentuh lidah hmm.. langsung terlacak rasa daging sapi yang kuat. Warnanya cokelat kemerahan gelap, sebagai tanda banyak memakai daging sapi. Jejak rasa gurih MSG memang terlacak meskipun tidak terlalu nonjok.

Tambahan saus cabai dan sambal rawit yang menyatu dalam kuah panas gurih membuat keringat mulai berlelehan di dahi. Huah..huah..pedas segar dan enak! Untuk menghilangkan jejak pedas di lidah saya meredamnya dengan semangkuk es campur. Es campur dari depot Minuman Segar Chaniago ini berisi cincau hitam, agar-agar, buah atap, kelapa muda, nangka, dan juga alpukat.

Rasa manis segar dan dingin es campur mampu mengimbangi rasa pedas si Bakso Urat. Daging buah kelapanya sangat muda, buah alpukatnya berwarna kuning keemasan sungguh legit. Tidak hanya es campur saja yang disediakan di Depot Minuman Segar Chaniago, tapi ada juga es teler, es kelapa, es alpukat, dan masih banyak lagi.

Ingin mencampur dua jenis minuman menjadi satu juga boleh, seperti es jeruk dengan kelapa atau es alpukat dengan kelapa semuanya tinggal dipilih sesuai selera. Untuk seporsi bakso urat diberi harga Rp 9000,00 dan unuk semangkok es campur Rp 7000,00.

Cukup murah bukan? Perutpun terasa hangat dan lain kali rasanya saya harus mampir lagi untuk mencicipi aneka makanan yang menggiurkan!

Bakso Urat Pak Mih
Sedia Bakso Urat dan Bakso Sapi
Jl. Taman Makam Pahlawan Kalibata
Buka 17.00-00.00

Depot Minuman Segar Chaniago
Sedia Aneka Minuman & Es
Jl.Taman Makam Pahlawan Kalibata
Buka mulai pukul 17.00

No comments: