4.08.2009

Brussels Spring

\
Renyah Lembut Dibelai Brussels Waffle

Jakarta - Sepotong waffle renyah bertopping ice cream yang berlelehan ini memang sungguh nikmat membelai lidah. Mau dinikmati sebagai sarapan pagi atau snack di sore hari, hmm... kenapa tidak?

Hal ini bermula saat kami sedang berlibur ke Bandung. Siang itu, cuaca Bandung yang cukup panas dari biasanya membuat kami memutuskan untuk mencari tempat untuk ngadem sejenak. Nah, kebetulan saat itu disebelah FO yang sedang kami singgahi ini ada sebuah restoran yang cukup menarik mata.

Saat melihat papan nama bertuliskan 'Brussels Spring' (Belgium Chocoholic Delight), wah inilah tempat ngadem yang sempurna ujar saya dalam hati. Tak ayal lagi, pikiran saya langsung membayangkan sepotong waffle renyah bertopping ice cream yang berlelehan. Woww... sungguh menggoda!

Restoran ini ditata minimalis modern, cocok melihat bangunannya yang tak begitu besar. Sedangkan di bagian dalam hanya terdapat etalase memanjang tempat menaruh berbagai jenis es krim dan cake tanpa meja dan kursi untuk bersantap. Saya bersama teman-teman pun langsung menuju lantai 2.

Waffle kini sebenarnya cukup populer di Indonesia. Tetapi apa sih sebenarnya waffle itu? Waffle dibedakan menjadi dua jenis yaitu American Waffle dan Belgium Waffle yang kemudian dibedakan lagi menjadi Brussels dan Leige Waffle. Konon Belgium Waffle ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1964.

Penganan yang terbuat dari komposisi air, tepung, mentega, susu, dan telur ini kemudian dibuat menggunakan dua buah lempengan besi berdesign kotak-kotak yang disebut 'Waffle Iron'. Biasanya waffle disantap untuk sarapan pagi, snack, atau dessert.

Di Brussels Spring ini seperti namanya, menggunakan waffle dan cokelat yang berasal dari Belgia. Waffle yang ditawarkan pun dibedakan menjadi dua jenis, yaitu yang menggunakan topping ice cream dan asin alias mengunakan cheese.

Pilihan kami jatuh pada Coco Berry Waffle dan Milanesse Cheese Waffe. Sedangkan untuk minumnya berupa Coffee Au Lait dan Cold Naughty Choco.

Sambil menunggu pesanan tiba, kami pun asyik mengamati sekeliling restoran. Ukurannya tidak begitu besar dan dibuat memanjang. Di bagian yang menempel ke dinding menggunakan sofa dan lainnya berupa kursi-kursi plastik oranye cerah.
Yang menyita perhatian kami adalah pajangan-pajangan lucu dan unik yang menempel di dinding dan diselimuti kaca transparant. Menurut sang pelayan, pajangan tersebut merupakan koleksi sang pemilik restoran wah wah...

Tak lama pesanan kami tersaji di atas meja. Hmm melihatnya saja sudah hampir membuat air liur menetes slurppp.... Coco Berry Waffle berupa waffle yang tipis, crispy berwarna kecokelatan plus taburan irisan strawberry segar. Siraman saus cokelat dan satu scoop ice cream cokelat sebagai pelengkapnya membuatnya makin menggiurkan.

Benar saja, hmm... ketika digigit permukaannya terasa renyah sekali namun lembut didalam. Ini dikarenakan Belgium Waffle mengunakan yeast tradisional dalam pembuatannya, berbeda dengan waffle Amerika. Inilah yang menjadi ciri khas dari Brussel Waffle. Rasa strawberry yang asam-asam segar juga sangat serasi dengan rasa cokelat yang manis. Ketika dikunyah menciptakan sensasi kelezatan di mulut, pokoknya nyummy abis!

Sedangkan Milanesse Cheese Waffle tampil dengan topping berupa cincangan daging, bayam, bawang bombay, tomat, paprika dan diselimuti oleh keju mozzarela plus taburan keju parmesan dan basil. Sungguh cantik! Tidak seperti Brussels Waffle yang tipis, waffle ini tampil lebih tebal, padat, dan lembab, mirip dengan jenis waffle Amerika. Pokoknya cocok untuk sarapan pagi yang mengenyangkan.

Santapan ini makin sempurna dengan menghirup Coffee Au Lait, dimana kopi dan susunya disajikan dengan gelas unik yang terpisah. Cold Naughty Coco yang merupakan kombinasi cokelat dan hazelnut ini juga boleh dicoba. Rasanya tidak terlalu manis dan disajikan dengan whipped cream diatasnya. Slurppp....

Berhubung masih banyak jenis waffle lainnya seperti Creamy Fruity Waffle, Strawberry Snow White Waffle dan aneka pancakes yang belum kami coba. Rasanya lain kali kami harus kembali lagi kesini untuk mencoba menu lainnya!

Brussels Spring
Jl. Sumatera No.30, Bandung
Telp: 022-4264104
Range Waffle: Rp 19.000 – Rp 35.000,00

No comments: