6.21.2009

TIDAK TAHU-BERBAHAYA

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 15 Juni 2009
Bacaan : Hosea 4:1-6
Setahun: Amsal 1-4
Nats: Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah (Hosea 4:6)

Judul:
TIDAK TAHU-BERBAHAYA!

Belasan tahun mengidap asma dan sinusitis membuat saya lebih banyak
bernapas dengan mulut daripada dengan hidung. Saya mengira itu wajar,
sampai saya membaca sebuah buku tentang pengobatan asma yang
menyatakan bahwa bernapas dengan mulut tidak baik bagi penderita
asma! Bernafas dengan hidung membuat 98% udara yang masuk ke
paru-paru sudah disaring dan menjadi lembap. Sedang bernapas melalui
mulut membuat udara tidak dibersihkan lebih dulu, sehingga udara
masuk ke paru-paru sebagai udara yang dingin, kering, dan berdebu.
Ketidaktahuan saya ternyata membahayakan kesehatan saya.

Ketidaktahuan, kurangnya pengenalan, bisa berbahaya. Demikian pula
yang terjadi pada masa Nabi Hosea. Bangsa Israel menyimpang dari
jalan Tuhan. Tidak memiliki tiga hal yang membuat Tuhan marah; tidak
punya kesetiaan, kasih, dan pengenalan akan Tuhan (ayat 1). Bahkan
para imam tidak mau mengenal Allah, menolak pengenalan akan Allah,
dan melupakan firman Allah (ayat 6). Dan, itulah yang membuat Tuhan
murka dan Israel binasa.

Sangat salah jika kita berpikir, "Saya tidak mau banyak belajar.
Nanti jika saya sudah tahu tetapi tidak melakukannya, saya dihukum
Tuhan." Jangan berpikir bahwa jika kita tak tahu, maka kita luput
dari hukuman. Justru ketidaktahuan kita akan membawa pada bencana.
Sebaliknya, pengenalan akan Tuhan dan hukum-hukum-Nya membuat kita
semakin hari semakin mengasihi dan serupa dengan-Nya.

Terus kenali Allah lewat membaca Alkitab, literatur rohani,
mendengarkan khotbah, dan berbagai sumber lain. Setelah itu, terapkan
setiap hal yang kita "tahu" itu dalam hidup setiap hari --GS

BELAJAR SEMAKIN BANYAK FIRMAN TUHAN
MEMBUAT KITA SEMAKIN TAHU MAUNYA TUHAN



Hosea 4:1-6

1. Dengarlah firman TUHAN, hai orang Israel, sebab TUHAN
mempunyai perkara dengan penduduk negeri ini, sebab tidak ada
kesetiaan dan tidak ada kasih, dan tidak ada pengenalan akan
Allah di negeri ini.
2 Hanya mengutuk, berbohong, membunuh, mencuri, berzinah,
melakukan kekerasan dan penumpahan darah menyusul penumpahan
darah.
3 Sebab itu negeri ini akan berkabung, dan seluruh penduduknya
akan merana; juga binatang-binatang di padang dan burung-burung
di udara, bahkan ikan-ikan di laut akan mati lenyap.
4 Hanya janganlah ada orang mengadu, dan janganlah ada orang
menegor, sebab terhadap engkaulah pengaduan-Ku itu, hai imam!
5 Engkau akan tergelincir jatuh pada siang hari, juga nabi akan
tergelincir jatuh bersama-sama engkau pada malam hari; dan Aku
akan membinasakan ibumu.
6. Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah
yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi
imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku
juga akan melupakan anak-anakmu.



e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

No comments: