4.02.2010

WHITE ON WHITE

Palet putih tak lagi biasa. Obin seorang maestro kain, menggagas konsep kain putih menjadi gaya yang stylish dan modern. Simak gebrakannya kali ini.

The Obsession
Tren mode kini banyak terinspirasi sentuhan khas Timur. Memakai kain secara kreatif yang bisa menjadi sebuah atasan, rok sarung hingga harem pants banyak bermunculan di panggung busana dunia. Detail gelepai yang tengah ‘in’ bisa diraih secara memesona lewat styling yang tepat. Obin, sang maestro kain dan pemilik Bin House tertantang buat menjadikan kain sesuatu yang jauh dari kesan ribet. Obsesinya agar wanita Indonesia gemar memakai kain membuatnya terus berkarya tak kurang dari 32 tahun. Kembali, Obin terpikat oleh pesona putih. Putih memang identik dengan aura suci dan tanpa noda. Dengan cita rasa seni yang tinggi dan kecintaannya akan kain, ia konsisten dari tahun ke tahun mengolah kain putih dengan kreatif dan inovatif untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan dan tak biasa. Salah satunya, transparant white chiffon silk yang diwarnai putih dengan motif batik melalui proses batik. Hasilnya? Anda bisa mengenakannya sebagai sarung dan melapisinya dengan sutra warna cerah. Light yet inspiring. Tak cuma itu! Obin kali ini juga mengaplikasikan putih pada kain tenun dengan motif tenun yang imajinatif. Setelah itu ia mengolaborasikan motif batik semisal batik kawung. Cantik! Tak ketinggalan, kain sulam pun tak kalah cantik saat diputihkan. Nah, tak sekadar putih bukan? Disinilah kesan modern diraih tanpa menghilanglan kekhasan tanah air.
The Creation
Josephine Werratie bertekad agar masyarakat lebih mengenal makna dan cara pembuatan sebuah kain. Sebuah pameran kain bertajuk WHite On White yang berlangsung di Strategic Square, Sudirman, Jakarta, cukup membuat siapapun berdecak kagum. Tata letak kain yang tergantung di atas ruangan begitu cantik dengan sinar matahari lewat jendela main lobby. Belum lagi instalasi kepompong yang bergantung pada pintu masuk yang tergantung dari atas ruang hingga lantai. Seolah ingin menggiring pemahaman dari suatu konsep awal pembuatan benang hingga karya seni yang indah. Selain itu, Obin juga menampilkan buku White On White yang berisikan tentang foto-foto inspirasi, kreasi dan imajinasi sang maestro. Disini juga ia mengulas teknik pembuatan serta jenis-jenis kain yang dihasilkan. Tak sekadar putih dan tak biasa. Exquisite!

No comments: