5.24.2010

Bahan Berbahaya Dalam Produk Kosmetik

Dalam memilih kosmetik, tak ada salahnya untuk mencari tahu kandungan bahan di dalamnya. Hal ini memungkinkan tiap wanita untuk mengetahui kosmetik apa saja yang aman danberbahaya untuk dipoleskan ke kulit.Beberapa daftar kosmetik berikut telah diteliti para ahli danterbukti berbahaya bagi kesehatan kulit.

Produk pewarnaan rambut
Cat rambut berwarna gelap sering digunakan untuk menutupi rambut putih yang mulai timbul. Bahan yang sering digunakan untuk cat rambut berwarna gelap adalah Coal Tar. Zat ini juga bisa ditemukan dalam shampoo khusus penghitam rambut.

Coal Tar adalah sebuah zat kimia berwarna hitam pekat yang dihasilkan dari proses karbonasi batu bara, namun dari hasil penelitian, Coal Tar dapat mengaktifkan sel-sel kanker di tubuh. Andre Weil, dokter ahli rambut merekomendasikan untuk memakai bahan alami untuk membuat warna rambut lebih gelap. Pewarna dari tumbuhan Henna merupakan salah satu yang dianjurkan.

Namun jika sudah terlanjur membeli cat rambut dari bahan kimia, paling tidak jangan biarkan cat tersebut menempel di kulit kepala Anda dalam waktu yang lama. Zat kimia lain yang juga berbahaya dalam cat rambut berwarna terang adalah Phenolphthalein yang diduga kuat sebagaipenyebab kanker.

Produk pewarnaan kuku
Cat kuku ternyata tak kalah berbahaya dengan cat rambut. Formaldehyde, Ethanolamines, Toluene, dan Acetonitrile adalah beberapa zat kimia yang terkandung dalam sebotol cat kuku. Zat-zat kimia tadi bisa menyebabkan terganggunya janin saat kehamilan. Selain itu juga bisa memicu timbulnya kanker.

Perawatan kecantikan
Zat kimia Benzoyl peroxide hampir selalu ada di produk penghilang jerawat. Efek samping dari pemakaian zat ini adalah dapat membuat janin yang dikandung cacat. Selain itu Salicylic acid dan glycolic acids yang terkandung dalam produk pengelupasan kulit juga memiliki efek samping yang sama.

Sekilas kenyataan yang dipaparkan diatas cukup membuat 'ngeri' para wanita, oleh karena itu konsultasikan dulu semua produk kecantikan kepada dokter ahli, khususnya jika Anda dalam kondisi tertentu seperti sakit maupun hamil. Jika inginaman, pilihlah kosmetika dari bahan yang benar-benar alami.

No comments: