6.13.2010

Enak Mantab... Batagor Bandung

Kota kembang memang menawarkan sejuta pilihan makanan yang enak menggoyang lidah. Salah satunya adalah batagor Bandung yang rasanya kenyal enak dengan siraman bumbu kacang yang gurih. Penggemar batagor, cobain yuk!

Siapa yang tak kenal batagor? Jajanan khas kota Bandung ini memang banyak penggemarnya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Di kota kembang yang mempopulerkan penganan ini bertebaran para penjual batagor. Mulai versi jajanan kaki lima hingga dalam bentuk cafe atau rumah makan.

Batagor sendiri merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Adonan bakso diisi ke tahu dan kemudian digoreng. Hmm... pastinya saus kacang yang gurih pedas dan kucuran jeruk limau menambah nikmat rasa batagor yang kenyal-kenyal enak.

Diantara banyaknya penjual batagor yang bertebaran di kota Bandung ada beberapa yang cukup terkenal. Diantaranya adalah Batagor Kingsley yang terletak di Jl. Veteran, Bandung. Lalu ada pula Batagor Riri yang berlokasi di Jl. Burangrang 41, Bandung, sedangkan Batagor Abuy menempati sebuah food court yang berlokasi di Jalan Lengkong Besar no.47.

Tidak hanya enak dinikmati di tempat, batagor ini pun cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Apa saja yang perlu diperhatikan jika membawa batagor sebagai oleh-oleh:
Biasanya si penjual akan menyediakan box khusus bagi mereka yang ingin dibawa pulang. Namun bagi yang perjalanan cukup jauh sebaiknya jika memesan siomay dan batagor minta bungkusnya dipisah.
Siomay bisa bertahan lebih lama tanpa freezer dibanding batagor. Sebab tahu pada batagor dikhawatirkan tidak segar lagi saat sampai tujuan.
Kalau batagor tidak akan langsung dimakan, sebaiknya beli dalam keadaan tidak digoreng. Batagor bisa disimpan di dalam kulkas dan digoreng saat akan dimakan.
Untuk cara menggoreng pun perlu diperhatikan. Batagor sebaiknya digoreng di atas api kecil agar matang dengan baik.
Nah, pastinya kalau yang sedang jalan-jalan ke Bandung jangan lupa buat mampir beli batagor yah!

No comments: