6.11.2010

Gurih Nikmat Pempek Halal Pak Raden

Pempek tak hanya populer di kota asalnya saja Palembang. Kini penganan yang satu ini tak sulit dicari. Salah satu yang terkenal adalah pempek Pak Raden, tidak hanya menawarkan pempek gurih dan nikmat tetapi juga plus jaminan halal.

Untuk menikmati pempek kini kita memang tak perlu jauh-jauh datang ke kota asalnya. Sebab diseluruh penjuru kota Jakarta bertebaran penjual pempek mulai dari kelas gerobak, warung tenda, sampai restoran.

Nah, salah satu restoran pempek Palembang yang mulai merambah ke luar Sumatera Selatan adalah 'Pak Raden'. Restoran pempek yang berdiri sejak tahun 1980-an ini memang berasal dari Palembang. Kemudian membuka cabangnya pertama kali di Jakarta, tepatnya Pasar Minggu pada tahun 2000. Hingga kini cabang pempek Pak Raden sudah bertebaran di seluruh kota Jakarta.

Pempek sendiri adalah penganan yang terbuat dari sagu dengan campuran daging ikan. Daging ikan yang biasanya digunakan adalah ikan belida, tenggiri, dan gabus segar. Jika tidak segar biasanya pempek akan berbau tidak sedap (amis) dan menghasilkan rasa yang kurang sedap pula.

Yang khas dan membedakan pempek Pak Raden dengan lainnya adalah penggunaan ikan tawar yaitu gabus sebagai bahan baku utama. Ikan gabus digunakan agar rasa dan aroma khas pempek tidak berbau amis seperti kebanyakan pempek lainnya. Rasanya yang gurih lembut dengan citarasa ikan makin enak saat dicocol cuko yang asam-asam pedas.

Meski pempek terbuat dari bahan baku ikan yang sudah jelas kehalalannya, namun bahan lainnya masih tetap harus diwaspadai seperti bumbu dan tepung. Menurut sang pemilik, Iwan Rifai pempek Raden sangat memperhatikan mutu dan kualitas makanan mereka. Salah satu aspek mutu yang jadi perioritas adalah halal.

"Saat ini kami berusaha menjaga konsistensi kehalalan produk yang dihasilkan melalui manajemen pengawasan halal yang disebut Sistem Jaminan Halal. Kami tidak ingin status kehalalan selesai sampai produk kami memperoleh sertifikat halal saja," terang Iwan.

Saat ini sebuah sertifikat halal dari LPPOM MUI terpajang di 8 cabang pempek Pak Raden. Dengan adanya sertifikat halal tersebut konsumen diharapkan jadi lebih tenang dalam mengkonsumsi pempek Pak Raden. Nah, buat mereka yang ingin mencicipi pempek nan lezat dan halal dengan harga terjangkau silahkan mampir kesini.

Pempek Pak Raden "Nikmat"
Jl. Raya R.S Fatmawati No.86D
Jakarta Selatan

Jl. Raya Pasar Minggu KM 18 No.28
Pejaten, Jakarta Selatan

No comments: