6.13.2010

Kapan Usia Terbaik Untuk Mengandung

Di era modern, memiliki keturunan bukan lagi sekedar menanti berkah dari Tuhan. Memiliki seorang anak berarti memasukkan agenda hidup baru yang telah diperhitungkan dengan matang.

Kesibukan dan karir sering menjadi alasan wanita menunda kehamilan. Hal itu sah-sah saja mengingat banyak pengorbanan yang harus dilakukan ketika si kecil hadir dalam kehidupan. Namun tak ada salahnya juga untuk mengetahui waktu mengandung yang tepat bagi tiap wanita.

Peneliti dari fakultas kedokteran, Universitas Royal Inggris mencoba mencari tahu kapan waktu yang tepat bagi wanita untuk mengandung dan melahirkan. Alasan awal dilakukannya penelitian itu adalah karena ada kecenderungan para wanita yang bekerja menunda kehamilannya hingga berumur 40 tahunan demi karir mereka.

Dalam kesimpulannya, para peneliti menyebutkan bahwa waktu yang paling tepat bagi wanita untuk hamil adalah pada usia 20-35 tahun. Hasil penelitian itu didapat dari menghitung kemungkinan wanita mengalami keguguran, selamat dalam operasi caesar, serta kemampuannya melahirkan normal.

Lebih lanjut dijelaskan, pada umur 20-35 tahun, kemungkinan melakukan in vitro fertilization (proses pembuahan di luar kandungan) masih besar. Tingkat keberhasilan In vitro fertilization di usia kurang dari 35 tahun, masih mencapai 30 persen. Sedangkan jika proses pembuahan itu dilakukan di umur 40 tahun, tingkat keberhasilannya tak sampai 5 persen.

No comments: