6.11.2010

Oenpao

Oenpao termasuk sebuah waralaba makanan Asia yang cepat berkembang. Saat ini sudah ada 12 gerai di Jakarta, 1 di Cibubur, 1 di Bogor, 1 di Bumi Serpong Damai, dan 4 di Bali.

Sesuai dengan namanya, makanan yang disajikan di Oenpao bernuansa Tionghoa dan peranakan, semuanya halal, dikelompokkan ke dalam 7 kelompok besar: dim sum, mi, nasi, bubur, pao, panggangan, dan masakan wok. Mungkin karena tidak fokus pada satu jenis masakan, maka kualitasnya rata-rata. Decent at best!

Kalau boleh memilih, bagi saya yang menduduki peringkat paling atas di antara sajian Oenpao adalah masakan mi dan dim sum. Bubur dan nasi gorengnya juga boleh dicoba.

Dari menu dim sum, kita dapat memilih antara lain: hakau, swikiauw, siomay ayam/udang, pangsit shanghai, lumpia ayam/udang/Hong Kong. Dim sum disajikan dengan sambal dan hot oil seperti model dim sum Hong Kong.

Mi kuahnya cukup beragam. Isiannya bebek panggang, ayam panggang, ayam charsiu, mi ceker, dan mi kari bebek/udang. Pilihan saya selalu jatuh pada roast duck noodle. Bebek panggangnya not bad at all. Kualitas mi kuningnya patut diacungi jempol. Mi-nya halus seperti spaghettini, dimasak al dente – kenyal-kenyal crunchy. Kuahnya gurih segar.

Panggangannya tidak mengecewakan. Pilihan ayam, bebek, ayam charsiu – dan juga ayam kukus – sama-sama berkualitas. Sayangnya, untuk bebek panggang, lemaknya masih terlalu tebal. Panggang-panggangan ini disajikan dengan nasi putih, atau sebagai side dish.

Masakan wok yang disajikan di sini terutama adalah jenis nasi goreng. Lagi-lagi nasi goreng bebeknya lebih menonjol dibanding yang lain. Mungkin bila difokuskan pada masakan bebek, Oenpao akan lebih punya segmen pelanggan yang jelas.

Sebagai penggemar pao (Chinese steamed bun), terus-terang saya kurang terkesan oleh sajian sandwich pao maupun mini sandwich pao di gerai ini. Pao-nya bagus dan bertekstur lembut, tetapi isiannya kurang mantap.

Oenpao yang di Kemang tampaknya merupakan gerai yang paling besar dibanding yang lain. Tempatnya mudah dicapai, dan suasananya pun cukup kondusif untuk menikmati brunch, makan siang, makan malam, maupun sekadar minum teh sambil cemal-cemil.

Endang bambang! (Bondan Winarno)

Oenpao
Jl. Kemang Selatan 102
Jakarta Selatan
+6221 7193989

No comments: