6.14.2010

Sikap Yang Tanpa Disadari Menghancurkan Pernikahan

Anda sudah setia, dan tidak mengkhianati pasangan, namun hubungan pernikahan tetap tak berjalan sesuai keinginan. Mungkin ada beberapa sikap Anda dan pasangan yang mengikis kebahagian pernikahan Anda.

Berikut sikap-sikap yang patut dihindari agar sebuah pernikahan tetap bahagia dan berjalan pada tempatnya.

1. Ketidaksinambungan antara memberi dan menerima
Saat Anda merasa terlalu banyak memberi, namun tak ada feedback dari pasangan, akan timbul rasa kekecewaan. Ketidaksinambungan itu akan mengikis kebahagiaan dalam pernikahan. Ingat, sebuah pernikahan berdasarkan cinta adalah mengenai hubungan timbal balik antar dua manusia. Ketika salah satu hanya memberi saja tanpa menerima apa-apa sama sekali, dapat dipastikan hubungan itu tak akan berjalan sesuai keingiinan.

2. Sikap terlalu dominan
Terlalu dominan dalam sebuah pernikahan akan membuat hubungan menjadi 'pincang. Perlu diketahui bahwa kedudukan Anda dan suami adalah partner yang saling melengkapi. Jika salah satunya terlalu memegang kendali, bahkan sampai tidak memperdulikan perasaan serta pendapat pasangan. Maka hubungan yang ada akan rusak.

3. Kurangnya kepercayaan
Kepercayaan harus dijaga dalam sebuah hubungan pernikahan. Saat kepercayaan itu hilang, konflik akan semakin sering terjadi. Alhasil pernikahan Anda akan terasa bak medan perang dengan pertikaian tanpa henti.

4. Manipulasi
Memanipulasi sama saja seperti menipu pasangan. Apapun alasannya, akan lebih baik jika Anda berkata jujur pada pasangan. Memanipulasi hanya akan mendorong Anda untuk berbohong lebih banyak lagi.

No comments: