12.22.2010

Awet Muda Selamanya

Saat berkaca, Anda sudah mulai melihat beberapa bagian pada kulit wajah mulai mengendur dan berkerut. Jalan pintas yang berisiko dan memerlukan anggaran cukup tinggi, biasanya jadi solusi. Mulai dari operasi plastik hingga penyuntikan silikon demi mengencangkan kulit wajah dalam waktu instan.

Mencegah selalu lebih baik daripada menanggulangi. Menurut dr. Debby Vinsky AAMS, dengan melakukan perawatan kulit wajah secara rutin sejak awal, kualitas kulit akan lebih terjaga.

Dokter Eddy Karta, SpKK, menambahkan, ada beberapa faktor yang memengaruhi proses penuaan dini pada kulit wajah. Mulai dari pola makan yang salah hingga faktor cuaca.

Berikut ini 10 cara mudah mencegah penuaan dini yang mudah dipraktekkan.

1 Makanan untuk menutrisi kulit wajah
Bila kulit Anda mudah berjerawat, kurangi jenis makanan mengandung iodine, seperti susu, keju, udang, dan kerang. Konsumsilah makanan mengandung zinc, seperti sereal whole grain, agar kulit mendapat nutrisi cukup dan terlindung dari kekeringan.
Konsumsi minimal 19 porsi buah dalam seminggu. Pilihlah buah yang mengandung vitamin A, 80% air, gula, tartaric acid, citric acid, dan mukopoloskarida, seperti pepaya dan anggur.Kandungan endungeoned pycnogenol pada biji anggur juga baik bagi elastisitas kulit wajah. Sementara zat resveratrol pada kulit buah anggur membantu proses peremajaan sel- sel kulit mati secara maksimal.

2 Manfaatkan keajaiban teh
Minuman teh hijau, teh hitam, dan teh olong, memiliki khasiat yang tinggi untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidannya terdiri dari senyawa epigalo cathecin gallate yang dapat menghambat proses penuaan dini. Senyawa ini juga sekaligus mencegah terjadinya kanker. Konsumsilah segelas teh setiap hari secara rutin.

3 Ayo rajin facial exercise
Tujuannya, untuk menghilangkan efek dari kebiasaan mimik wajah yang merugikan seperti berkerut dahi dan cemberut. Karena ternyata, tanpa kita sadari, mimik tersebut memiliki andil dalam terbentuknya kerutan pada wajah. Olahraga semacam ini harus dilakukan secara rutin, 3-5 kali seminggu, di depan cermin. Setelah 3 bulan, akan terlihat hasilnya.
Hilangkan kerut di dahi. Tarik napas dalam-dalam, lalu buang perlahan hingga udara yang dihirup terasa habis. Buka mata sebesar mungkin (kondisi dahi tidak boleh ikut berkerut), diikuti dengan dibukanya mulut Anda selebar-lebarnya. Kemudian, julurkan lidah semaksimal mungkin, tahan selama 6-10 detik. Ulangi 4 kali.
Untuk kencangkan pipi. Dalam posisi tegak, ucapkan kata  ‘xssss’, rasakan hingga dagu dan rahang Anda tertarik ke bawah. Tahan selama 6 detik, ulangi 4 kali. Gerakan ini akan mengencangkan area pipi hingga dagu Anda.
Hilangkan kerutan di ujung mata. Letakkan ujung jari telunjuk di atas kedua mata. Tekan perlahan sambil memejamkan mata. Perlahan lakukan gerakan agak sedikit menarik ke arah atas. Tahan selama 6 detik, ulangi selama 5 menit. Mata pun akan terlatih untuk tidak mengerut.
4 Masker perawatan sederhana dan jitu
Bila tak punya waktu, gunakan masker instan. Masker kaya zat alami dan berkhasiat memberi efek ‘lifting’. Kuncinya lakukan rutin 2 minggu sekali. Anda bisa meramu sendiri adonan masker dengan buah di kulkas. Untuk kulit bibir kering, gunakan masker stroberi yang di-blender bersama perasan jeruk nipis. Agar kulit wajah kenyal gunakan masker bengkuang parut dan air mawar. Cara ini sepele, tapi sebenarnya menyelamatkan Anda dari mengeluarkan jutaan rupiah untuk perawatan lebih sulit di masa depan.

5 Harus pakai tabir surya
Lagi-lagi tabir surya. Percayalah, rajin mengoles tabir surya Anda akan merasakan manfaatnya hingga 15 tahun kemudian. Kulit kenyal dan terhindar dari flek dan spruten. Walau sudah mengoles tabir surya, agar benar-benar aman, sebaiknya hindari sinar matahari pada pukul 11.00 -14.00. Karena, di waktu ini radiasinya dapat merusak lapisan kolagen dan fungsi elastisitas, kulit pun menjadi kasar dan menebal. Kenakan tabir surya sebelum berpakaian, setiap hari sebelum beraktivitas.

6 Say no pada rokok!
Seribu lima ratus senyawa yang terkandung di dalam sebatang rokok dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Meningkatnya enzim matrix metaloproteinase pada kulit menyebabkan kulit menipis dan tidak kenyal. Berkurangnya aliran darah atau iskemia mengakibatkan kulit kekurangan oksigen dan nutrien. Asap rokok juga dapat menyebabkan tertimbunnya zat-zat toksik pada lapisan kulit. Perokok pasif maupun aktif akan menyebabkan kulit terlihat lebih tua, karena kusam, berwarna keabu-abuan, dan terasa kering.

7 Jangan sepelekan perawatan area kulit mata
Kulit mata merupakan bagian kulit yang tertipis dibandingkan dengan lapisan kulit lain. Menginjak usia 25 - 30 tahun, eye cream sudah wajib digunakan. Pemakaian eye cream secara teratur dapat menjaga kelembapan, hingga bisa memperlancar metabolisma kulit Pilih produk yang kaya akan vitamin C yang memberi efek kulit segar.

8 Cerdas menggunakan moisturizer
Menginjak usia 25, sebaiknya pelembab Anda mengandung retinol booster yang efektif mencegah penuaan dini. Hindari pelembap yang kurang dikenal utnuk menghindari produk yang mengandung zat berbahaya mercury. Pilih yang mengandung UV protection untuk pagi hari. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pilih jenis oil free moisturizer & water based.

9 Perhatikan seluruh tubuh anda Apakah berat badan Anda
masih ideal? Jika tidak, usahakan untuk kembali mencapai berat badan ideal dengan cara aman. Perhatikan kecantikan kulit, rambut, kuku dan gigi. Beri perhatian ekstra karena di area tersebut tanda-tanda penuaan akan muncul. Bila penampilan terawat, Anda pun memilih perasaan positif dan terhindar dari stres yang menjadi faktor utama wanita jadi cepat tua.

10 Perhatikan tanggal kedaluwarsa semua produk kecantikan yang rutin digunakan
Produk yang berbahan dasar bubuk biasanya bertahan kurang lebih 6 bulan - 1 tahun. Namun, untuk produk berbahan dasar minyak, biasanya lebih singkat. Pemakaian produk yang sudah kedaluwarsa mempercepat proses pengerasan kulit. Bila sudah terjadi, proses regenerasi kulit pun terhambat. Simpanlah semua produk kecantikan Anda di tempat yang kering dan sejuk, agar terhindar dari bakteri yang tidak aman bagi wajah.

No comments: