12.22.2010

Cara Merawat Sepatu Agar Tahan Lama

Merawat sepatu tidak cukup hanya dilap dan diangin-anginkan saja. Agar sepatu Anda tahan lama dan terpelihara dengan baik, simak beberapa tips berikut ini.

Gunakan shoe tree
Setelah dipakai dan disimpan dalam jangka waktu yang panjang, biasanya sepatu mengalami perubahan bentuk. Gunakan alat penyangga bentuk sepatu (shoe tree) untuk mempertahankan bentuk sepatu. Jika tidak memilikinya, Anda bisa menyumpalnya dengan gumpalan koran atau kertas berbentuk lonjong sebagai pengganti shoe tree.

Memakainya bergantian
Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari walaupun Anda sangat menyukainya. Keringat dan kotoran sepatu akan mempengaruhi kualitas dan mempercepat kerusakan sepatu. Sebaiknya selingi pemakaian dengan sepatu yang jarang Anda pakai.

Keringkan dengan kipas angin
Jika sepatu Anda basah, sebaiknya lepaskan tali (untuk sepatu bertali), keluarkan lidahnya dan letakkan di depan kipas angin. Jika sudah kering ambil shoe tree kemudian pasangkan pada sepatu Anda lalu biarkan kering dengan sendirinya.

Simpan sepatu baik-baik
Selalu simpan sepatu pada kotaknya untuk menghindari bahan atau kulit sepatu yang terurai. Jangan pernah menumpuk sepatu tanpa kotaknya meskipun hanya sepatu flat, ini akan membuat kulit sepatu lebih cepat rusak.

No comments: