12.22.2010

JIKA KAMU PERCAYA

Tanggal: Kamis, 4 November 2010
Bacaan : Yohanes 11:29-45
Setahun: Yeremia 32-33; Ibrani 1
Nats: Jawab Yesus, "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau
percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?" (Yohanes 11:40)

Judul:

JIKA KAMU PERCAYA

Ketika ibu saya sakit, saya sangat ingin Tuhan menyembuhkannya
lewat mukjizat, sehingga tak perlu operasi. Namun, saya harus
menerima kenyataan yang berbeda. Ibu saya harus dioperasi dan
men-jalani kemoterapi. Iman saya harus berhadapan dengan ujian untuk
tetap teguh percaya walau jalan yang ditempuh tampak berbeda. Akan
tetapi, mukjizat itu tetap ada. Iman orangtua saya-yang saat itu
baru mengenal Tuhan-tetap teguh bertahan menghadapi semua proses
tersebut. Bahkan, mereka mengakui kebesaran dan kebaikan Tuhan lewat
peristiwa ini. Ibu saya pun sembuh dari sakit. Sampai akhirnya,
kedua orangtua saya justru dibaptis setelah pengalaman tersebut,
bahkan juga nenek dan bibi saya.

Kerap kali kita memiliki pemikiran yang berbeda dengan Tuhan,
sehingga kita menjadi kecewa, bingung, dan sedih. Demikian pula
dengan Maria. Ia berharap Tuhan Yesus datang saat Lazarus masih
terbaring sakit, sehingga ia tidak akan mati (ayat 32).
Kenyataannya, justru sebaliknya. Tuhan menunda datang. Namun, di
tengah ketidakmengertian Maria akan pemikiran Tuhan, Dia meminta
agar Maria tetap percaya. Sebab ketika orang percaya, maka ia akan
melihat kemuliaan Tuhan (ayat 40). Dan inilah yang Tuhan tunjukkan;
kebangkitan Lazarus membuat banyak orang menjadi percaya (ayat 45).

Ketika hal-hal yang terjadi di hadapan kita tidak sesuai dengan apa
yang diharapkan, dan kita sama sekali tidak mengerti rencana Tuhan,
maukah kita tetap percaya? Sebab, Dia hendak menunjukkan
kemuliaan-Nya, hingga akhirnya membuat kita mengerti apa maksud dan
rencana Tuhan di balik semua yang terjadi --VT

PERCAYA SAJA-TAK ADA LEBIH
TUHAN BERJANJI AKAN MEMPERLIHATKAN KEMULIAAN-NYA

e-RH Situs: http://renunganharian.net/utama.php?tanggalnya=2010-11-04
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2010/11/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yohanes+11:29-45

Yohanes 11:29-45

29 Mendengar itu Maria segera bangkit lalu pergi mendapatkan Yesus.
30 Tetapi waktu itu Yesus belum sampai ke dalam kampung itu. Ia
masih berada di tempat Marta menjumpai Dia.
31 Ketika orang-orang Yahudi yang bersama-sama dengan Maria di
rumah itu untuk menghiburnya, melihat bahwa Maria segera bangkit
dan pergi ke luar, mereka mengikutinya, karena mereka menyangka
bahwa ia pergi ke kubur untuk meratap di situ.
32 Setibanya Maria di tempat Yesus berada dan melihat Dia,
tersungkurlah ia di depan kaki-Nya dan berkata kepada-Nya:
"Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak
mati."
33 Ketika Yesus melihat Maria menangis dan juga orang-orang Yahudi
yang datang bersama-sama dia, maka masygullah hati-Nya. Ia
sangat terharu dan berkata:
34 "Di manakah dia kamu baringkan?" Jawab mereka: "Tuhan, marilah
dan lihatlah!"
35 Maka menangislah Yesus.
36 Kata orang-orang Yahudi: "Lihatlah, betapa kasih-Nya kepadanya!"
37 Tetapi beberapa orang di antaranya berkata: "Ia yang memelekkan
mata orang buta, tidak sanggupkah Ia bertindak, sehingga orang
ini tidak mati?"
38 Maka masygullah pula hati Yesus, lalu Ia pergi ke kubur itu.
Kubur itu adalah sebuah gua yang ditutup dengan batu.
39 Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang
meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau,
sebab sudah empat hari ia mati."
40 Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau
percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?"
41 Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas
dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau
telah mendengarkan Aku.
42 Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh
karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku
mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah
mengutus Aku."
43 Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras:
"Lazarus, marilah ke luar!"
44 Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya
masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain
peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan
biarkan ia pergi."
45 Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria
dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus,
percaya kepada-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun:
http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+32-33
http://alkitab.sabda.org/?Ibrani+1


e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

No comments: