12.22.2010

Makanan Pengusir Stres

Makanan membantu kita melawan stres dengan berbagai cara. Beberapa jenis makanan bisa mendorong tingkat serotonin, zat kimiawi dalam otak yang membantu menenangkan. Makanan lain bisa mengurangi tingkat kortisol dan adrenalin, yakni hormon stres yang lama kelamaan berefek tak baik pada tubuh. Makanan bernurtrisi bisa mengalihkan dampak stres dengan meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi tekanan darah. Berikut di antaranya:

Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat memberi sinyal otak untuk mengeluarkan serotonin. Supaya tidak kekurangan zat ini, asuplah makanan dengan karbohidrat kompleks yang dicerna perlahan. Pilihan tepat untuk mengkonsumsi whole-grain, seperti sereal sarapan, roti, pasta, serta oatmeal. Karbohidrat kompleks bisa bantu tubuh untuk menyeimbangkan level gula dalam darah.

Karbohidrat Sederhana
Untuk diketahui, karbohidrat sederhana, seperti makanan manis dan soda bisa mencetuskan serotonin dalam waktu singkat, namun sementara. Tak heran, wanita ingin mengudap makanan manis, seperti cokelat atau minuman bersoda saat sedang gundah.

Jeruk
Seperti diketahui, buah ini sangat kaya akan vitamin C. Menurut studi, vitamin C bisa mengurangi level hormon stres sambil menguatkan imun tubuh. Jika Anda tahu akan menghadapi masa penuh tekanan/stres, Cobalah untuk mengasup suplemen yang kaya vitamin C. Dalam suatu studi, tekanan darah dan level stres seseorang beranjak normal lebih cepat ketika orang tersebut mengkonsumsi vitamin C 3 ribu miligram sebelum melakukan pekerjaan yang penuh tekanan.

Bayam
Magnesium dalam bayam membantu meregulasi kortisol dan cenderung berfungsi saat sedang berada di bawah tekanan. Terlalu sedikit magnesium dalam tubuh bisa memicu pusing dan kelelahan, yang merupakan efek stres. Satu cangkir bayam bantu mengisi kebutuhan magnesium dalam tubuh. Tak suka bayam? Coba konsumsi kacang kedelai atau salmon.

Lemak Ikan
Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan tuna dan salmon bisa mencegah hormon stres dan menjaga jantung jauh dari penyakit. Konsumsilah sekitar 3 ons lemak ikan dua kali seminggu.

Teh Hitam
Riset mengatakan, teh hitam bisa membantu Anda pulih dari tekanan stres lebih cepat. Sebuah studi yang membandingkan antara orang yang minum 4 cangkir teh per hari selama 6 minggu dan orang yang diberikan kesan minum teh mengatakan, orang yang minum teh setiap hari melaporkan merasa lebih tenang, serta level kortisol yang rendah. Sementara peminum kopi, cenderung memiliki level kortisol tinggi.

Pistachio
Kacang pistachio bisa melunakkan dampak stres pada tubuh. Adrenalin meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung Anda berdebar karena stres. Makan segenggam pistachio per hari bisa menurunkan tekanan darah.

Almon
Kacang almon sangat penuh vitamin. Ada vitamin E untuk mendorong sistem imun tubuh, plus rangkaian vitamin B, untuk membantu tubuh melawan stres. Konsumsilah sekitar seperempat cangkir per hari.

Wortel
Sayuran mentah yang renyah bisa membantu mengurangi efek stres dengan cara mekanikal. Misal, wortel, mentimun, atau seledri harus digigit, sehingga rahang harus bekerja menggigit untuk mengurangi tekanan kepala yang tegang.

Susu
Ternyata, kalsium pada susu mengurangi kejang pada otot dan mengurangi ketegangan, dan membantu mengurangi ketegangan, serta perubahan mood yang dihubungkan dengan PMS. Disarankan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim.

No comments: