1.21.2008

Pelajaran Bisnis Amsal Salomo Bag.8

Prinsip;

Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan,
Tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.


Dari dulu saya tertarik pada perkembangan bisnis-nya starbucks, saya beli buku yang ditulis oleh pendirinya (saya lupa namanya), hanya saja saya belum menemukan penjabaran di level strategi seperti yang saya harapkan. Bukan berarti buku itu tidak bagus, hanya saja saya belum menemukan hal yang saya cari dari buku itu.

Tetapi ternyata ada teman saya yang kebetulan bekerja di Starbucks di level management junior, dan saya bertanya banyak hal tentang starbucks dan ada informasi menarik yang muncul dari teman yang satu ini, dia bilang, walau ada begitu banyak investor yang berniat menanamkan uang mereka ke gerai-gerai baru yang akan dibuka di masa depan, management starbucks hanya memutuskan untuk buka cabang baru hanya bila semua fakta, analisa dan pertimbangan pertimbangan lain mampu meyakinkan management pusat bahwa cabang baru itu akan menghasilkan return on investment dalam maksimal 2 tahun.
Apabila dirasa pengembalian modal akan lebih dari 2 tahun (walau hanya lebih sedikit), management pusat akan memutuskan penundaan atau bahkan pembatalan rencana tersebut bila semua pertimbangan tidak mampu menunjukkan angka 2 tahun sebagai batas maksimal pengembalian modal secara meyakinkan.

Pada kenyataannya. banyak dari gerai-gerai ini yang akhirnya balik modal dalam jangka waktu lebih dari 2 tahun, hanya saja pertimbangan yang ketat dalam memutuskan setiap cabang yang akan dibuka, membuat mereka menjadi master franchise paling berhasil diseluruh dunia dengan persentase angka kesehatan seluruh cabang-cabangnya melampaui apa yang dicapai oleh McDonalds yang kita kenal sebagai salah satu perusahaan marketing terbaik didunia dengan mata dagangan Burger dan mendunia lewat strategi yang sama seperti starbucks yaitu pendekatan franchise.

Pada saat saya baca bukunya starbucks 4 tahun lalu, informasi kecil yang disampaikan oleh buku itu menyebutkan bahwa dalam 10 tahun terakhir, rata rata pembukaan gerai gerai baru adalah per 2.5 hari.

Dan pada saat saya berkesempatan berjalan-jalan ke London beberapa tahun lalu, ada sebuah jalan di pusat kota disana (saya lupa namanya) yang mungkin dengan panjang kurang dari 1.5 km, tetapi memiliki sedikitnya 6 gerai starbucks, dan pada hari saya melihatnya, semuanya ramai dengan pengunjung.


Woodrow Wilson pernah berkata,

Saya tidak hanya menggunakan semua otak yang saya miliki, tetapi semua yang dapat saya pinjam.

Betapapun anda mungkin paling pintar, paling tinggi level pendidikannya dan mempunyai otak paling cepat dalam mengolah informasi-informasi yang masuk di organisasi anda, hanya saja anda tidak mungkin mendominasi semua pekerjaan yang makin kompleks dari hari ke hari di organisasi anda hanya dengan mengandalkan keistimewaan anda semata.

Salomo melalui amsal-nya merekomendasikan kita untuk mempunyai sebanyak mungkin penasihat yang akan menolong kita memutuskan suatu perkara dengan mempertimbangkan banyak aspek.

Saya tetap berpendapat, penasihat tidak selalu orang yang harus lebih hebat diri kita, tetapi bisa juga semua bawahan kita dan semua orang disekeliling kita.

Bahkan keuntungan lain bila kita sering meminta pendapat semua orang disekeliling kita dalam memecahkan sebuah masalah, secara tidak langsung kita sudah membuat orang-orang tersebut menjadi lebih terikat secara emosional dan bila rekomendasi tersebut belum mencapai sasaran yang dikehendaki, maka besar kemungkinan mereka ikut bertanggung jawab untuk ikut membereskan masalah tersebut.

Bahkan dalam beberapa buku kepemimpinan, banyak yang merekomendasikan hal yang sama walau dikemas dalam bahasa yang berbeda yaitu; pemimpin terbaik adalah pemimpin yang mampu membuat orang-orangnya mencurahkan semua emosi, pemikiran dan jiwanya secara all-out dalam setiap kebijakan yang diputuskannya.

Hanya saja semua bawahan tersebut mampu menilai, apakah pendapat yang diminta oleh pemimpin tersebut hanya basa basi atau pemimpin tersebut benar-benar ingin memecahkan masalahnya, dengan secara sungguh sungguh memperhitungkan pendapat para bawahan tersebut.

Karena untuk mereka, yang terpenting bukanlah idenya diterima atau tidak, tetapi mereka merasa sangat dihargai dan dihormati sekali bila sang pemimpin sendiri memberi mereka kesempatan untuk berpendapat dan sang pemimpin tersebut secara tulus berusaha memahami apa yang mereka coba sampaikan.

Walau ini kelihatan tidak sulit, tapi ternyata banyak juga pemimpin yang tidak cakap di area ini.
Karena untuk bisa lakukan ini, bukan kepintaranlah syaratnya, tetapi kerendahan hati-lah kuncinya.

Tuhan memberkati setiap pejuang yang bertekun dalam panggilannya.


Wishnu iriyanto
Managing Director of
FUTURE education ( agent sekolah ke luar negeri ) &
FUTURE English ( Satu-satunya kursus bahasa inggris bergaransi IELTS 6.5 / TOEFL 580 dengan angka keberhasilan 100% )

No comments: