1.22.2008

Tetesan Yang Pas

e-RH(c)%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Tanggal: Sabtu, 5 Januari 2008
Bacaan : Mazmur 86:1-10
Setahun: Kejadian 13-15

Nats: Sebab Engkau, ya Tuhan ... berlimpah kasih setia bagi semua
orang yang berseru kepada-Mu (Mazmur 86:5)

Judul:
TETESAN YANG PAS

Sore itu anak perempuan saya duduk termangu dengan tatapan kosong.
Padahal, biasanya ia selalu ceria. "Besok pagi aku ada ujian
praktikum kimia, Ma. Aku takut. Selama ini, aku selalu kesulitan
menentukan volum larutan yang pas menetes dari pipa titrasi. Kalau
besok hal itu terjadi lagi, aku akan gagal dalam ujian praktikum,"
ungkapnya.

Saya bertanya kepadanya, "Menurut kamu, kalau kita berdoa, apakah
Allah akan menolongmu?" Ia mengangguk. Maka, kami pun berdoa
bersama. Pada sore keesokan harinya, ia pulang sekolah dengan wajah
berseri. Ia menceritakan dengan semangat, "Tiga kali aku membuat
tetesan yang pas, tak sekali pun aku harus mengulang! Tuhan baik, Ma.
Dia telah menjawab doa kita," katanya.

Daud memiliki kehidupan doa yang intens. Ia berdoa: "Sendengkanlah
telinga-Mu, ya Tuhan, jawablah aku" (ayat 1). "Aku berseru sepanjang
hari" (ayat 3). "Perhatikanlah suara permohonanku" (ayat 6). Apa yang
mendasari kehidupan doa Daud? Keyakinannya yang kokoh bahwa Tuhan
sangat mengasihinya dan Dia menyelamatkan orang yang percaya
kepada-Nya (ayat 2). Dia adalah Allah yang baik, suka mengampuni, dan
berlimpah kasih setia kepada semua orang yang berseru kepada-Nya
(ayat 5), Dia adalah Allah yang besar dan melakukan
keajaiban-keajaiban (ayat 10).

Kerap kali Tuhan mengizinkan kesulitan dan tantangan datang dalam
kehidupan orang percaya. Namun, Dia ingin kita mengalami sendiri
pertolongan-Nya yang ajaib. Tak hanya kita tahu dari kata orang atau
dari kisah Alkitab. Anda ingin mengalami-Nya? Dia hanya sejauh doa!
-- YS

DOA MENGUBAH KESULITAN HIDUP
MENJADI PERNYATAAN CINTA KASIH-NYA


Mazmur 86:1-10

1. Doa Daud. Sendengkanlah telinga-Mu, ya TUHAN, jawablah aku,
sebab sengsara dan miskin aku.
2 Peliharalah nyawaku, sebab aku orang yang Kaukasihi,
selamatkanlah hamba-Mu yang percaya kepada-Mu.
3 Engkau adalah Allahku, kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab
kepada-Mulah aku berseru sepanjang hari.
4 Buatlah jiwa hamba-Mu bersukacita, sebab kepada-Mulah, ya
Tuhan, kuangkat jiwaku.
5 Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan
berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu.
6 Pasanglah telinga kepada doaku, ya TUHAN, dan perhatikanlah
suara permohonanku.
7 Pada hari kesesakanku aku berseru kepada-Mu, sebab Engkau
menjawab aku.
8. Tidak ada seperti Engkau di antara para allah, ya Tuhan, dan
tidak ada seperti apa yang Kaubuat.
9 Segala bangsa yang Kaujadikan akan datang sujud menyembah di
hadapan-Mu, ya Tuhan, dan akan memuliakan nama-Mu.
10 Sebab Engkau besar dan melakukan keajaiban-keajaiban; Engkau
sendiri saja Allah.



%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

No comments: