5.16.2008

Pertanyaan Hari Ini

Ada sebuah ungkapan yang cukup menarik bahwa 'To know the right answer is smart'.
Kalau Anda tahu jawaban yang benar dari sebuah pertanyaan, Anda adalah orang yang pandai.

'But to know the right question is wise'.
Namun, kalau Anda tahu pertanyaan yang tepat, maka itulah yang disebut bijaksana.

Karena itu, sering-seringlah mempertanyakan kepada diri Anda sendiri tentang hal-hal yang essential dalam kehidupan.
Misalnya, dalam bekerja, pertanyakan 'What is required of me?' -
Apa yang diharapkan dari diri saya, esensi apa yang paling penting dari diri saya selama bekerja di perusahaan ini

Dalam time management, sebuah pernyataan yang paling berharga menurut saya adalah pada setiap kesempatan - at any given moment - tanyakan pada diri sendiri
'What give me the greatest return?' - Apa yang memberikan balasan terbanyak untuk semangat saya, atau untuk pekerjaan saya

Jadi Anda harus sering bertanya kepada diri sendiri tentang hal-hal penting dalam kehidupan.
Apa sih yang sebetulnya sedang saya kerjakan?
Apa yang membuat saya bisa menjadi lebih sukses
Apa yang harus saya lakukan dalam waktu 2 jam menganggur ketika menunggu pesawat terbang yang di-delay?
Apa yang bisa saya lakukan yang mampu memberikan return terbaik bagi saya?
Atau apa yang bisa memberikan hasil lebih baik dari yang telah saya lakukan pada saat itu.
What is the most rewarding thing that I can do now? - Apa yang terbaik buat saya?
Apa yang bisa saya lakukan supaya bisa memanfaatkan waktu selama 2 jam sehingga memberikan return terbaik

Kita selalu hidup dalam ketergesa-gesaan. Kita hidup dalam sebuah urgency to urgency.
Kebiasaan kita adalah memberikan semprotan bila terjadi kebakaran.
Jadi, kalau ada apa-apa kita semprot supaya tidak terjadi lagi. Berikutnya kita semprot lagi.
Jika kita selalu hidup dalam urgency to urgency, maka kita selalu lupa akan 'what is the most important thing in our live'

Hal yang penting dalam kehidupan kita kadang bukanlah jawaban dari sebuah pertanyaan yang ada.
Tetapi bagaimana kita mempertanyakan sesuatu atau mencari pertanyaan yang tepat dalam menghadapi kehidupan ini

'Bagaimana saya bisa menjadi seseorang yang lebih bijaksana dalam hidup ini?'

'Apa yang harus saya lakukan pada saat ini supaya saya bisa menjadi lebih berhasil di saat-saat yang akan datang?'

Itulah beberapa pertanyaan penting yang sering kita lupakan diantara kesibukan-kesibukan kita.
Dan hal itulah yang perlu kita ingatkan pada diri kita supaya kita tidak sekedar melewati hari demi hari sebagai sebuah rutinitas saja.
Sebaliknya, kita berhak, mau sekaligus mampu untuk berpikir dan memilih apa yang penting dalam kehidupan kita

Kita juga bisa mulai bertanya tentang pertanyaan-pertanyaan bijaksana kepada diri kita sendiri

(Author Unknown)

BONUS :
Ubahlah apa yang masih bisa diubah.
Terimalah apa yang memang sudah tidak bisa dirubah.
Hindarkan diri dari hal-hal yang berpotensi mendatangkan perubahan buruk.

No comments: