12.19.2008

Penggorengan

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 2 Desember 2008
Bacaan : Yohanes 14:11-14
Setahun: 2 Korintus 11-13
Nats: Ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan,
bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu
(Yohanes 14:12)

Judul:
PENGGORENGAN

Seseorang memerhatikan nelayan yang menangkap ikan besar, tetapi
membuangnya lagi ke air. Ia mendekati si nelayan dan bertanya,
"Mengapa ikan-ikan itu engkau buang lagi?" Orang itu mengeluarkan
sebuah penggorengan di perahunya dan berkata, "Lihat, penggorengan
saya terlalu kecil, jadi yang saya perlukan ikan kecil saja." Tak
terbayangkan oleh si nelayan bahwa ia akan mendapat "ikan-ikan"
besar, sehingga tidak disiapkannya sesuatu yang istimewa. Mungkin ia
berpikir, mendapat ikan kecil saja sudah cukup, mengapa harus
mengharap ikan besar?"

Serupa dengan itu, kita juga kerap membatasi karya Tuhan dengan pola
pikir kita yang sempit. Kadang Tuhan ingin melakukan perkara besar
dan dahsyat dalam hidup kita. Namun, kita berkata, "Ah, tidak mungkin
saya bisa melakukannya. Mana mungkin Allah mau memakai orang
sederhana seperti saya?" Dan masih banyak kalimat pesimis lain yang
kita ucapkan.

Sebagian besar murid Tuhan Yesus adalah orang sederhana. Namun, Allah
bisa bekerja lewat mereka dengan dahsyat. Mungkin tak pernah
terlintas di benak Petrus, Yohanes, dan Yakobus, bahwa mereka dapat
mengadakan banyak mukjizat, seperti Tuhan Yesus. Tuhan pernah
berkata, barangsiapa percaya kepada-Nya, ia juga akan mengerjakan
pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan, bahkan lebih besar dari itu!
Namun, mengapa sampai kini kita belum pernah melakukan perkara yang
besar? Mungkin kita perlu bertanya pada diri sendiri, seberapa besar
"penggorengan" yang kita siapkan. Kalau kita benar-benar percaya dan
tidak membatasi karya Tuhan, kita akan segera melihat perkara-perkara
besar dalam hidup kita. Gantilah "penggorengan" kita yang kecil.
Jangan batasi kuasa Allah -PK

BESAR KECILNYA PERKARA YANG AKAN KITA ALAMI
TERGANTUNG PADA BESAR KECILNYA "PENGGORENGAN" YANG KITA SIAPKAN



Yohanes 14:11-14

11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di
dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena
pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
12. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya
kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku
lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada
itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan
melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan
melakukannya."




e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

No comments: