3.26.2009

Penting Untuk Kesehatan

"PerTama"
Organ tubuh manusia adalah mesin tercanggih yang paling rumit sejagat raya. Kenapa gw bilang kayak gitu?? Tercanggih karena organ tubuh kita terdiri dari ratusan miliar sel yang saling berhubungan satu sama lain, dimana bila salah satu sel rusak maka akan segera digantikan oleh sel yang baru. Disebut paling rumit karena susunan struktur jaringan tubuh manusia sangatlah kompleks. Bisakah anda bayangkan misalnya, susunan urat syaraf yang menjulur keseluruh tubuh itu dapat saling berhubungan satu sama lain ketika menghantarkan rangsangan sehingga menghasilkan respon yang tepat kurang dari satu detik..!!!?? “komputer paling canggih aja masih sering loading...”.

Sampai kapanpun manusia tidak akan mampu menciptakan mesin seperti layaknya tubuh manusia. Tubuh dengan kompleksitas kerumitannya mampu secara teratur menjalankan fungsinya masing-masing. Robot buatan manusia yang paling canggih pun belum bisa mengganti onderdilnya sendiri. Sedangkan manusia, bila satu sel saja rusak, maka otomatis tubuh kita akan menghasilkan sel baru sebagai pengganti sel yang rusak tadi.

"KeDua"
Mestinya kita mensyukuri semua ini dengan cara menjaga tubuh kita dari berbagai macam bahaya. Penyakit misalnya, bila kita pandai berkomunikasi dengan tubuh kita sendiri, kita akan tahu kapan tubuh kita butuh istirahat, kapan tubuh kita membutuhkan makan, kapan tubuh kita memerlukan perawatan ekstra, dan lain-lain. Namun, bila kita tidak pandai berkomunikasi dengan tubuh kita sendiri, bagaimana cara kita merawat tubuh kita sendiri?

"KeTiGa"
sekaranglah saatnya bagi kita belajar bahasa tubuh. Maksud bahasa tubuh disini ialah segala jenis reaksi yang tubuh timbulkan ketika membutuhkan sesuatu. Dengan memahami bahasa tubuh, kita akan semakin tahu apa keinginan tubuh kita. Karena bahasa tubuh adalah bahasa yang sangat alami dan sederhana. Oleh karena itu, jangan pernah berpikir bahwa memahami bahasa tubuh itu sulit, justru sangat mudah.

"KeEmPaT" Kalo Kita Lapar
Rasa lapar merupakan sinyal positif tubuh yang memberi informasi kepada kita bahwa mesin pengolah makanan kita telah kosng dan kini telah siap untuk bekerja kembali. Sebaiknya, makan itu bukan dengan acuan jam, melainkan dengan acuan rasa lapar. Namun, dewasa ini sangat banyak orang yang makan sebelum lapar, makan dengan patokan jam, dan juga banyak pula yang menunda-nunda waktu makan ketika sinyalnya muncul. Hal ini berakibat pada meningkatnya asam lambung dan mengganggu keseimbangan sistem pencernaan kita. Akhirnya muncul penyakit seperti maag, radang lambung

"KeLima" Kalo KIta NGantuk
Rasa ngantuk merupakan sinyal positif tubuh yang memberitahu kita agar segera menidurkannya atau mengistirahatkannya . Banyak diantara kita yang sering memaksakan tubuhnya untuk tetap terjaga dengan berbagai tonik dan obat-obatan serta kopi untuk menjadikan tubuh tetap segar. Padahal itu memperbudak diri sendiri dengan memaksa proses alamiah tubuh.

"KeENam"Kalo Kita SakiT
Rasa sakit bukanlah penyakit, tapi efek yang ditimbulkan oleh penyakit. Oleh karena itu seharusnya kita tidak boleh begitu saja meredam raa sakit dengan berbagai obat-obatan analgetik, kecuali terpaksa karena rasa sakit yang sudah sangat tidak tertahankan. Kebiasaan meredam rasa sakit dengan berbagai obat-obatan hanya akan memperbudak tubuh kita dan justru akan semakin mempersulit kita untuk mencari sumber kerusakan tubuh penyebab rasa sakit. Cara-cara ini hanya akan memperburuk tubuh kita ketimbang memperbaikinya. Walaupun untuk sementara waktu ketika obat dimakan maka rasa sakitnya akan hilang atau berkurang, tetapi itu adalah perbaikan semu yang dipaksakan.

"KetUjuH"Kalo KiTa LaGi CapEk
Rasa lelah merupakan sinyal positif tubuh, yang mungkin kita telah memaksa tubuh bekerja berlebihan, menguras fisik dan pikiran, dan tubuh berharap kita mengistirahatkannya , agar energi kita segera pulih seperti sedia kala. Namun zaman sekarang, berbagai minuman energi drink yang banyak dipasaran, hanya akan menimbulkan kerusakan pada tubuh. Karena, bila anda meminum minuman energi drink yang banyak dipasaran, hanya akan memaksa tubuh tetap segar sesaat yang dipaksakan dan akan berefek terganggunya sistem keseimbangan tubuh dan menghasilkan penyakit.

"KeDeLapAn"Kalo KitA LaGi MuaL
Rasa mual merupakan sinyal positif tubuh yang tidak boleh diredam dengan berbagai macam obat anti mual. Rasa mual menandakan bahwa kondisi mesin pengolah makanan kita sedang dalam masalah atau bahkan mengalami penumpukan racundi organ pencernaan, yang membuat kita harus bijak melakukan pembersihan. Tugas kita segera memperbaiki dan mengistirahatkannya dengan hanya memberi makanan yang sangat ringan dicerna dan memiliki efek cleansing atau pembersih, seperti jus buah-buahan dan sayuran yang sesuai kebutuhan tubuh dan gejalanya. Maksudnya ialah jenis makanan harus disesuaikan dengan faktor penyebab gejala mualnya.

"KeSemBiLan"KaLo KitA DemaM
Demam tidaklah selalu indikasi penyakit, tetapi sering kali demam juga bisa menjadi indikator adanya infeksi dalam tubuh, atau reaksi positif tubuh karena terjadi penumpukan racun dalam sistem tubuh kita, sehingga tubuh harus menghasilkan ekstra panas dengan peningkatan suhu tubuh guna membakar / menetralisasi kelebihan racun yang harus dibuang, yang tidak bisa diproses dengan suhu normal tubuh. Tugas kita adalah memberikan ekstra cairan pada tubuh kita agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga dengan cara minum yang banyak, karena ketika naiknya suhu tubuh(demam) , tubuh melakukan pembakaran cairan lebih cepat dari biasanya. Pemberian obat penurun panas hanya boleh diberikan bila suhu tubuh tidak terkontrol, serta dengan pemberian kompres pada kedua ketiak dan dahi.

"KeSepUluh"KalO Kita Diare
Diare merupakan sinyal positif tubuh yang tidak boleh distop dengan obat. Karena diare seringkali menjadi indikasi kalau sudah terjadi penumpukan toksin dalam sistem pencernaan kita. Umumnya diare muncul kalau kita salah makan, makan makanan sembarangan yang tidak higienis atau kelebihan makan alias kekenyangan dengan berbagai jenis makanan yang tidak sinergis satu sama lain yang masuk bersamaan dalam satu waktu. Tugas kita adalah menyetop semua makanan yang masuk agar akumulasi bakteri penyebab diare bisa dihentikan, dan menggantinya dengan cairan yang banyak(seperti banyak minum air madu hangat, atau air kelapa muda).

No comments: