4.08.2009

Lau's Kopitiam

Sandwich Kaya Pandan Plus Teh Susu, Nyam..Nyam!

Jakarta - Di saat mendung menggayut seperti saat ini, paling enak menyantap setangkup sandwich dengan isian selai kaya pandan. Dimakan sambil nyeruput teh susu panas. Hmm..sedap benar! Rotinya yang lembut tebal sangat pas berpadu dengan manis lembut srikaya pandan. Mau coba?

Hal ini berawal saat libur hari raya Idul Adha kemarin, saya merayakan di rumah kerabat di daerah Karawaci. Setelah menghabiskan waktu berjalan jalan di kawasan Benton Junction, ah.. perut saya mulai lapar. Tapi saya sedang tidak ingin makan makanan yang berat.

Hmm.. tiba-tiba saja mata saya terpaku pada sebuah papan bertuliskan Lau's Kopitiam. Ya, kopitiam dalam bahasa dialek Cina berarti 'warung kopi'. Jelasnya yang satu ini bukan Kopi Tiam asli Singapura. Tampkanya secangkir teh susu hangat sudah ada dibayangan saya. Langsung saja saya menghampiri kedai ini. Duduk di bagian luar sambil menikmati angin sejuk, enak juga.

Pelayan berbaju hitam menghampiri saya untuk memberikan daftar menunya. Ternyata pilihan menu yang ditawarkan cafe yang bergaya Singapura ini cukup bervariasi. Mulai dari aneka appetizer seperti lumpia goreng, chicken wing, dan pangsit goreng. Ada juga aneka sandwich manis dan sandwich daging. Aneka olahan nasi dan mi juga tersedia, sebut saja Kwetiau cah seafood, kwetiau siram, Nasi goreng cakalang, dan juga Nasi Lemak.

Pilihan saya jatuh pada Sandwich Kaya Pandan dan Sandwich Smoked Beef yang menjadi andalan tempat ini. Sedangkan teh susu dan Chineese Style Sekoteng mejadi pilihan untuk menghangatkan tubuh sore itu. Sebagai teman menunggu, saya diberikan welcome snack berupa sepiring kecil kulit pangsit goreng.

Setangkup sandwich kaya pandan dan sandwich smoked beef regular, telah tersaji di piring. Rotinya telah dipotong secara diagonal. Rotinya cukup tebal, dengan warna kecoklatan di bagian luar. Ketika digigit, roti bagian luarnya cukup renyah, sedangkan didalamnya lembut manis dengan harum aroma pandan.

Sandwich smoked beef berisi lembaran smoked beef cukup tebal. Irisan tomat, daun selada, dan mayones membuat isinya padat. Lelehan saus BBQ yang berwarna kecoklatan menetes keluar ketika dipotong. Hmm..rasa saus BBQnya sangat terasa di lidah. Kalau ingin yang lebih nikmat, keju dan telur bisa jadi tambahan isi. Tapi saya lebih memilih Sandwich Smoked Beef original.

Sebagai ending, saya pun menyeruput secangkir teh susu hangat. Teh susu ini hampir mirip dengan teh tarik khas Malaysia. Disajikan dalam cangkir putih dengan motif bungan warna hijau yang menjadi ciri khas di cafe ini. Paduan susu dan tehnya sungguh enak, tapi sedikit manis untuk saya yang tidak terlalu suka dengan rasa manis. Hmm.. sluuurrp! Badan saya pun menjadi hangat.

Chinese Style Sekoteng disajikan dalam mangkuk putih berbentuk persegi. Isinya tidak terlalu banyak, namun sangat komplet. Selasih, mutiara, agar-agar yang diserut halus, jamur putih, dan tangkue. Yang menjadi isi khas sekoteng ini adalah buah kelengkeng yang telah dikeringkan. Ketika mampir dilidah, hmm.. rasa manis, hangat dan harumnya sungguh menggugah selera. Mungkin kalau ditambah sedikit air jahe rasanya akan lebih nonjok!

Perut sudah lumayan kenyang dan badanpun terasa lebih hangat. Kali ini pilihan saya tak salah!

Lau's Kopitiam
Benton Junction 38 #26
Lippo Karawci, Tangerang
Telp 021-5468770
Range Rp 5.000,00-Rp 25.000,00

No comments: