4.10.2009

Sands International Executive Club

Jakarta - Kuah sup cingkong kepiting yang gurih berpadu serasi dengan konyaku yang kenyal ini menjadi hidangan pembuka yang pas. Belum lagi scallop nan lembut dengan sentuhan asam-asam segar salad khas Thai, membuat santap malam di resto berkonsep Dining Theater dengan ratusan menu ini makin istimewa.

Sudah lama sebenarnya saya mengincar untuk bersantap di restoran SANDS yang berada di Mangga Dua Square lantai 5 ini. Namun, tampaknya harapan tersebut baru dapat terwujud di suatu sore beberapa saat yang lalu. Selain penasaran dengan tempatnya yang super besar dan juga memiliki fasilitas super lengkap ini, saya pun penasaran dengan menu Chinese yang konon berjumlah ratusan jenis banyaknya.

Sore itu lalu lintas menuju mangga dua lebih padat dari biasanya. Namun hal tersebut tidak menyurutkan laju kendaraan saya untuk menembus kemacetan. Kurang lebih jam 6 sore kendaraan kami sudah memasuki parkiran Mal Mangga Dua Square. Kami pun langsung mencari lift meluncur menuju lantai 5.

Saat melangkahkan kaki memasuki restoran kami semua terkejut. Yang terpapar di hadapan bukanlah restoran seperti pada umumnya, melainkan sebuah ruangan perpaduan Ballroom dan Dining Theater. Jejeran meja-meja bundar dengan kursi sekitar 8-10 orang tertata rapi dengan taplak putih khas restoran oriental. Rupanya inilah kekhasan Sands Restaurant yang berarmosfir klasik oriental dengan nuansa mewah.

Kuliner China memang banyak sekali ragam dan jenisnya begitu pula hidangan yang ditawarkan oleh SANDS. Di buku menu sendiri memperlihatkan aneka hidangan Chinese khas Cantonese dan Szechuan. Mulai dari Pecking Duck, BBQ, Fillet Ikan Kakap, Angsio, aneka bubur, Burung dara goreng, aneka sup, dll. Yang kesemuanya diracik langsung oleh para tim chef asal negeri tirai bambu. Bahkan jika tidak sedang ingin menyantap hidangan Chinese, pengunjung bisa memilih hidangan ala Thai seperti Tom Yam Seafood, Nasi Goreng Nanas atau hidangan Vietnam berupa aneka spring roll yang juga tersedia.

Akhirnya Scallop with Lemon Grass ala Thai, Kantung Emas Bungkus Abalone, dan Sup Cingkong Kepiting dengan Konyaku menjadi pilihan kami disajikan diatas meja. Pertama-tama Sup Cingkong Kepiting tiba sebagai hidangan pembuka. Sup ini disajikan dalam mangkuk mungil dengan kuah berwarna bening kecokelatan plus taburan wijen. Didalamnya tersembul konyaku dan sepotong cingkong yang cukup besar, hmm... wangi dan tampilannya sungguh menggoda!

Hirupan pertama membuat saya langsung jatuh cinta pada sup ini. Rasanya gurih, ringan sangat pas dilidah. Apalagi ditambah dengan konyaku yang kenyal makin enak disantap bersama daging cingkong yang tebal dan segar.

Puas menikmati sup, kami beralih ke Scallop with Lemon Grass. Hidangan ini dihidangan dalam piring segi empat putih dengan irisan scallop yang ditusukkan pada sebatang sereh. Dibawahnya ada salad khas Thai yang terdiri dari irisan mangga, wortel, dan bawang merah dengan garnish berupa timun, strawberry, dan cherry yang makin mempercantik tampilannya.

Rasa gurih kenyal dan lembut daging scallop sangat segar sangat cocok dipadu dengan salad mangga yang asam-asam manis. Tak ada jejak amis membuktikan scallop ini sangat segar dan diolah dengan benar. Semburat rasa saus yang asam-asam manis membuatnya makin terasa enak di lidah.

Kantung Emas Bungkus Abalone sendiri tampil nyaris seperti kantong. Bungkusnya berwarna kekuningan tipis dengan tempelan emas, sehingga mirip pundi-pundi emas. Kami pun tak mengalami kesulitan saat mengoyak si kantung emas. Campuran jamur dan abalone yang dicacah halus ini sungguh istimewa. Dinikmati bersama sayuran bayam yang ada dibawah si pundi dan saus yang rasanya manis gurih-gurih enak. Saya pun dibuat ketagihan menikmatinya!

Hidangan penutup yang disajikan kali itu berupa minuman yang terdiri dari aneka buah beserta dengan Cristal Jelly. Minuman ini disajikan dengan dessert berupa onde-onde. Bentuknya yang mungil membuatnya bisa dinikmati sekali suap. Gigitan pertama, kresss.. kacang kuning yang berada didalamnya memiliki kenikmatan tersendiri saat disantap. Nyam nyam... rasanya yang tidak terlalu manis dengan rasa renyah diluar dan empuk di dalam ini membuat saya langsung jatuh cinta dibuatnya.

Sambil menikmati hidangan kami pun tak henti dihibur oleh penampilan tarian dan nyanyian yang disuguhkan oleh SANDS. Inilah satu lagi keistimewaan dan keunikan resto ini dibandingkan dengan resto lainnya. Bahkan selain restoran, SANDS juga memiliki fasilitas lainnya seperti Spa, Karoke, Ballroom & Dining Theatre, Karaoke Room, Wine & Cigar Lounge.

Belum puas menikmati segala yang ada disini membuat saya bertekad untuk kembali lagi kesini. Selain untuk mencoba fasilitas Karoke Sands yang konon merupakan yang termegah, termewah dan ternyaman di Asia, saya sebagai penggemar Dim Sum ingin menikmati promo SANDS yang sedang berlangsung berupa diskon 50% untuk pembelian Dim Sum!

Sands International Executive Club
Mangga Dua Square, Lt. 5,6,7
Gunung Sahari Raya No.1
Jakarta Utara
Telp: 021-6231-3300
Makan siang mulai Rp: 25.000,00
Jam Buka: Senin - Sabtu : 11.00 – 15.00 & 18.00 – 23.00
Minggu/Hari Raya/Hari Libur: 08.00 – 14.30 & 18.00 – 03.00
www.sandsjakarta.com

No comments: