4.08.2009

Scusa – Italy Resto

Dibuai Pesona Citarasa Alami Tuscany

Jakarta - Siapa bilang makanan Italia berlemak dan kurang sehat? Di resto Italia yang satu ini Anda bisa membuktikan hidangan Italia yang tak hanya enak tetapi diracik dengan bahan-bahan alami yang prima. Mulai dari walnut bread yang gurih, lobster angel hair pasta hingga fried seabass yang mengelus lidah. Lezat menggoda dan sehat!

Nyaris tak ada yang berubah pada restoran Italia yang beroperasi sejak tahun 2003. Nuansa hangatpun langsung terasa saat menapaki pintu masuk Scusa, yang berlokasi di lantai 2 hotel InterContinental Jakarta MidPlaza ini. Interior bergaya posmo dengan paduan warna oranye, abu-abu dan cokelat mendominasi ruangan yang teduh.

Alasan utama kunjungan saya kembali ke resto ini adalah Tuscan Food. Ya, sajian Italia dari daerah Tuscany yang menjadi daerah asal chef Antonio Massagli. Chef yang baru beberapa bulan bertugas di dapur Scusa ini mempunyai koleksi hidangan yang sungguh mengguncang selera.

Tuscany yang dikelilingi dua lautan ini tak hanya tersohor karena wine yang berkualitas tetapi juga hidangan yang lezat dan alami. Sentuhan Mediterania membuat racikan bahan dan bumbu gaya Tuscan lebih alami. Memakai banyak rempah segar, olive oil dan berbagai sayuran segar. Pemakaian bahan serba segar dan pengolahan yang minimalis membuat cita rasa alami hidangan Tuscan sangat menonjol.

Masih seperti waktu pertama kali saya mampir ke resto ini beberapa tahun silam, sebagai pembuka disajikan walnut bread yang ditaruh dalam pot keramik putih (mirip pot bunga). Roti kecokelatan yang panas mengepul ini memang tak ada di resto lain. Serpihan walnut memberi rasa renyah di sela roti yang empuk. Keju ricotta di bagian tengahnya memberi aksen gurih lembut yang makin enak saat dicocol dengan basil oil!

Di daftar menu tersedia paket menu makan siang seperti Leggero, Mezzo, Robusto dan Giardino yang terdiri dari 3 sajian plus kopi atu teh. Karena bingung menentukan pilihan, semuanya sangat menarik maka sayapun menyerahkan pilihan pada chef Antonio. Chef bertubuh sedang yang berpengalaman di berbagai mancanegara dari London hingga Singapura ini memang berasal dari kota Lucca, Tuscany, Italia. Sambutannya yang hangat membuat perut rasanya makin lapar!

Assorted Antipasti merupakan sajian pembuka pilihan Antonio. Tiga jenis pembuka disajikan di atas piring panjang. Irisan buffalo mozzarella cheese yang gurih lembut ditumpuk dengan irisan tomat dan arugula dengan sedikit percikan balsamic vinegar. Perpaduan rasa gurih, asam segar dan sedikit pahit di lidah benar-benar sempurna!

Yang kedua, foie gras yang ditaruh di atas irisan semolina cake dan irisan apel sungguh memberi kejutan. Gurih hati angsa sangat serasi dengan kontras rasa manis asam apel dan lembut gurih semonila! Fried Portobello Mushroom, jamur portobelo berisi keju dengan balutan tepung roti yang renyah gurih. Benar-benar gurih lembut menari di lidah. Agaknya pilihan sang chef ini bisa mengobati rasa rindu menggebu akan sajian Tuscany yang segar dan lezat!

Andalan sang chef juga Scusa yang sulit dilewatkan, Lobster Angel Hair Pasta menjadi sajian kedua. Lembut halus tekstur angel hair dibalut sapuan saus tomat segar yang ringan, dengan selingan belahan cherry tomatoes plus potongan daging lobster. Hmm..asam gurih dengan aroma daun basil yang sangat segar! Tanpa taburan keju parmesan pun rasanya sungguh dahsyat!

Sajian ketiga pilihan Antonio yang sangat khas Tuscany, Fried Seabass. Ikan seabass utuh berukuran sedang digoreng dengan kematangan yang sempurna. Disayat membujur hingga bagian pinggirnya renyah gurih. Tulang di bagian tengahpun diangkat sehingga kelembutan daging ikan ini bisa bebas dinikmati. Cocolan saus basil lemon butter yang asam wangi membuat daging ikan yang diimpor dari Italia ini makin gurih lezat! Mamma mia!

Bagai makan di rumah sendiri, Chef Antonio pun bersedia memperkecil porsi Warm Chocolate Molten Cake, mengingat perut saya yang mulai penuh. Benar saja, pilihan sang chef memang tak salah! Cake hangat yang menumpahkan lelehan cokelat ini saat masuk ke mulut benar-benar menjadi pembilas yang prima. Apalagi saat diiringi rhum raisin ice cream yang legit harum. Paduan yang sungguh sempurna untuk mengakhiri santap siang Tuscany ini!

Jika ingin merancang santap siang atau malam yang istimewa, mungkin Scusa bisa jadi pilihan tepat. Chef Antonio Massagli yang ramah akan dengan senang hati meracik hidangan yang sesuai selera Anda. Di open kitchen resto ini Anda bisa mengamati hidangan diracik. Tersedia juga beragam wine premium untuk melengkapi santapan Anda. Hmm... bagaimana kalau akhir pekan ini? Silakan buat reservasi dulu karena resto ini hampir selalu padat di akhir pekan!

Scusa
Hotel InterContinental MidPlaza
Jalan Jendral Sudirman Kav 10-11
Jakarta
Telepon : 021-251-08888
Jam buka : Senin-Jumat: makan siang 11.30 - 14.30
Senin-Minggu: makan malam : 18.00 - 24.00
Minggu (brunch) : 11.30-14.30
Harga Set lunch: mulai Rp 125.000,00++ - Rp 245.000,00++per set
A la carte mulai Rp 60.000,00++

No comments: