4.29.2010

Kebiasaan untuk Menyelamatkan Kulit Wanita Urban

Begitu banyak hal yang bisa mengurangi kecantikan dan kesehatan kulit, apalagi mereka yang tinggal di kota. Mulai dari asap knalpot, stres, cahaya lampu, diet tidak tepat, dan banyak hal lain yang bisa mencetus penuaan dini. Supaya kulit Anda tetap cantik lebih lama, ubah gaya hidup tak sehat dengan langkah gaya hidup berikut ini.

Jangan pernah tinggalkan rumah tanpa tabir surya
Bahkan saat keadaan berawan pun, sinar UVA dan UVB bisa merusak kulit dengan menimbulkan bercak kehitaman dan garis kerut. Kurangi dampak sinar mentari pada kulit dengan menggunakan tabir surya saat keluar ruangan.

Berhenti merokok
Anda sudah hidup di lingkungan yang sudah berpolusi, hal terakhir yang dibutuhkan kulit Anda adalah tambahan zat yang merusaknya. Mungkin rokok terlihat gaya ketika dihisap dan dihembuskan para aktris di film-film, bisa pula mengurangi keinginan mengemil, dan tentunya, sangat adiktif. Tetapi, rokok, juga bisa mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit, menyumbat pori-pori, dan memperburuk jerawat. Apakah benar-benar penting untuk bisa terlihat gaya tapi kulit wajah Anda menderita?

Jangan pernah lewatkan pelembap
Asap dan udara berpolusi di sekitar kita bisa mengikis kelembapan pada kulit. Para ahli kecantikan dan dermatolog mengungkapkan bahwa pelembap adalah hal yang penting untuk kecantikan kulit kita, dan pantang untuk dilewatkan.

Sayuran hijau
Menambahkan menu sayuran hijau dan menambahkan suplemen kaya akan zat yang baik untuk kulit akan membantu menyeimbangkan PH tubuh, yang bisa memperlambat penuaan. Sebaliknya, asupan yang asam, seperti kafein, alkohol, produk susu, dan asap rokok harus dikurangi karena bisa mempercepat penuaan pada kulit.

Rawat jerawat pada kulit
Ketika Anda berada di kota, serbuan debu, asap, dan kotoran, apalagi di saat memasuki musim panas, akan menimbulkan jerawat pada kulit. Jangan panik atau berusaha mencungkil jerawat tersebut, karena bisa meninggalkan bekas, atau malah makin meradang. Bersabarlah dan biarkan jerawat tersebut sembuh dengan sendirinya. Jangan lupa dibersihkan dan berikan obat khusus. Tetapi hindari membersihkan area berjerawat tersebut dengan sabun yang memiliki scrub, karena bisa membuatnya makin meradang.

Tidur nyenyak
Stres adalah faktor terutama yang bisa menyakiti kecantikan kulit Anda. Akan sangat baik jika Anda bisa tidur cukup dan dengan nyenyak di malam hari. Tidur nyenyak akan membantu membuat kulit lebih sehat dan berseri-seri.

Mengeksfoliasi bibir
Selain kulit wajah, jangan lupa untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada bibir Anda. Kulit bibir yang mengelupas adalah tanda-tanda utama tubuh sedang menghadapi dehidrasi. Jika tak segera diatasi, bisa menimbulkan masalah lebih besar pada tubuh dan pada bibir Anda. Maka, jangan lupa untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir dengan mengeksfoliasinya, lalu berikan pelembap sesegera mungkin. Anda bisa menggunakan campuran gula dan madu untuk mengangkat kulit mati pada bibir.

Facial rutin
Memang, facial di salon secara rutin baik untuk kulit wajah, tapi tak sehat untuk dompet. Namun, Anda bisa melakukan mini facial di rumah, kok. Cukup beli obat khusus facial yang cukup lembut di toko-toko yang menyediakan produk kecantikan, dan masker wajah, lalu berikan pelembap.

Simpan sepatu cadangan
Mengenakan sepatu yang sama setiap hari, sepanjang hari, dengan aktivitas yang tinggi bisa menciptakan friksi di bagian kulit kaki yang sama berulang-ulang, sehingga bisa menciptakan kaki kapalan. Mengganti sepatu sesekali dengan bentuk yang berbeda dalam kegiatan harian Anda bisa mendistribusikan tekanan pada kaki Anda. Untuk melawan lecet dan kapalan pada kaki, upayakan agar bagian dalam sepatu tetap dalam keadaan kering setiap saat, ketika terjadi tanda-tanda kemerahan, oleskan petroleum jelly atau lip balm untuk meredakannya, lalu tutup dengan plester.

No comments: