6.11.2010

Dapur Sedap

Belum apa-apa, kunjungan saya ke sini sudah langsung menuai keluhan. "Ngapain jauh-jauh ke Bali hanya ke sebuah cabang rumah makan Jabodetabek?" Memang, ini merupakan cabang dari tempat makan yang sudah eksis di Jabodetabek (Rest Area Jalan Tol Jakarta-Tangerang km 13,5, Rest Area km 19 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dan Gading Serpong 021 54203292).

Alasan saya? Pertama, karena saya memang suka masakannya. Kedua, saya ingin menunjukkan kepada teman-teman yang kurang berani atau kurang adventurous dalam soal makan. Maunya makanan yang "aman-aman" dan comfortable bagi lidah maupun perut mereka. Untuk teman-teman yang kurang beruntung ini, untungnya, sekarang di Bali sudah ada berbagai cabang rumah makan dari Jawa.

Pertama kali saya mencicipi masakan Dapur Sedap adalah ketika pemiliknya khusus mengundang Andy Noya dan saya untuk datang ke resto-nya di Tangerang. Kami masing-masing mengajak serta istri, juga ditemani dokter Sindhiarta dan istrinya. Terus terang, kami terpesona oleh kualitas masakannya.

All-time favorite saya di Dapur Sedap adalah ikan kerapu tim asam pedas. Tidak ada aroma amis sama sekali. Daging ikannya firm, menandakan kesegaran ikannya. Kuah encernya yang asam-pedas-gurih merupakan "sup" istimewa. Hint rasa jeruk nipis dan sayur asin membuatnya terasa sangat segar. Saking lezatnya, saya selalu minta ekstra kuah. Mak nyuss!

Saya memang penyuka ikan kukus. Bahkan saya bisa memasaknya sendiri di rumah. Karena itu, saya selalu jatuh hati pada ikan kukus yang lebih bagus daripada masakan saya.

Pendamping yang paling padan untuk kerapu tim ini adalah pare cah tausi. Pare yang dipakai adalah jenis pare lilin yang berdaging tebal dan tidak terlalu pahit. Ditumis dengan tausi (tauco kedelai hitam) yang membuatnya gurih banget.

Nasi liwet Sunda - a.k.a. nasi kastrol - juga merupakan pendamping yang cocok. Nasinya gurih tanpa santan, dengan teri dan bumbu yang sungguh elok. Lemak nian!

Daftar menu Dapur Sedap sebetulnya sangat beragam. Di bagian seafood, misalnya, ada: ikan kuwe bakar, ikan kuwe bakar bumbu cabe, gurame sambal mangga, cumi telur bakar, kerang bambu bumbu spesial, dan lain-lain. Kalau mau makan cepat, ada: nasi goreng teri medan, nasi bakar komplet, nasi goreng rempah, atau mi hotplate. Menu Chinese halal antara lain: ayam kungpao dan fuyunghai. Sajian Nusantara termasuk: ayam rica, sup kelapa, nasi kastrol alias nasi liwet sunda. Dan masih banyak lagi.

Dapur Sedap
Jl. Kediri 45
Tuban, Kuta, Bali
0361 758890

No comments: