6.11.2010

Hindari 5 Hal Ini & Dapatkan Kulit Sehat

Mungkin Anda tidak menyadari kebiasan buruk yang sering dilakukan dapat menyebabkan kulit bermasalah. Berikut dijelaskan beberapa hal yang perlu Anda hindari untuk menjadikan kulit tetap cantik tanpa masalah.

Menggosok Mata
Kulit di sekitar mata merupakan kulit yang paling halus. Berhentilah untuk menggosok mata saat mata gatal. Menurut Dermatologist di New York, Francesca Fusco, mengucek mata dapat menyebabkan iritasi bahkan merusak pembuluh darah yang dapat menyebabkan bekas merah di sekitar mata yang sulit untuk dihilangkan.

Selain menghilangkan kebiasaan mengucek mata. Menggunakan krim mata juga sangat dianjurkan, pilih kandungan retinol dan peptida yang ringan.

Scrub berlebihan
Melakukan scrub memang bagus bagi kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Tetapi, jangan melakukannya berlebihan. Menurut Dermatologist di Los Angeles, Howard Fein, butiran scrub yang terlalu kasar dan sering melakukan scrub dapat memperburuk produksi minyak dan memperparah jerawat. Hal tersebut juga dapat menyebarkan bakteri.

Menggunakan pelembab berlebihan
Meskipun kulit Anda kering, hindari menggunakan pelembab berlebihan. Memakai pelembab berlebihan akan membuat kulit sulit bernafas dan memicu terjadinya penyumbatan dikulit, seperti komedo maupun jerawat. Sebaiknya, gunakan pelembab seperlunya dan cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih serta mengonsumsi sayur dan buah.

Menelepon
Menempelkan dagu atau pipi ke ponsel atau telepon dapat menyebabkan jerawat, baik telepon tersebut bersih dan bebas bakteri atau tidak. Menurut seorang Dermatologist, Rodan, menyandarkan wajah ke telepon dapat menyebabkan gesekan, oklusi, dan panas yang dapat membuat wajah berjerawat. Ia menyarankan untuk menggunakan headset saat berbicara di telepon.

Posisi menyamping saat tidur
Tidur menyamping dapat memicu kerutan di wajah. Ini disebabkan karena garis-garis akibat seprai yang tertinggal di wajah, jika terjadi setiap hari akan menjadi permanen. Lipatan atau kerutan yang terjadi setiap hari dan terus-menerus akan menyebabkan kolagen rusak. Ada baiknya Anda mencoba melatih diri untuk tidur telentang.

No comments: