6.25.2010

Kelahiran Prematur Dipengaruhi Keturunan

Risiko kelahiran prematur sepertinya ditentukan oleh faktor genetik. Kesimpulan ini muncul setelah para ilmuwan menemukan bahwa kelahiran kurang bulan cenderung terjadi dalam satu keluarga.

Perempuan yang lahir prematur atau yang memiliki saudara laki-laki dan perempuan yang juga lahir secara prematur, memiliki risiko 50-60 persen untuk mengalami persalinan lebih cepat dari waktunya. Demikian menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari The University of Aberdeen, Skotlandia, terhadap data 22.343 ibu dan anak perempuan di Skotlandia.

Kelahiran prematur merupakan salah satu penyebab utama kematian pada bayi baru lahir dan bisa menganggu tumbuh kembang bayi. Selama ini, penyebab kelahiran prematur masih menjadi misteri, karena pada kebanyakan kasus kondisi kehamilan berjalan normal dan sehat.

"Studi awal ini bisa menjadi masukan bagi para ahli kebidanan untuk memasukkan faktor keturunan sebagai hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah kelahiran prematur. Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk mengidentifikasi gen," kata ketua peneliti Dr Sohinee Bhattacharya.

Data yang dipakai dalam penelitian ini berasa dari data Aberdeen Maternity Neonatal Databank. Populasi penduduk di kota tersebut cukup stabil dan mayoritas wanita melakukan persalinan di rumah sakit yang sama. Karena itu data ini dianggap cukup valid.

Diketahui ibu hamil yang dulunya lahir secara prematur memiliki risiko 60 persen untuk mengalami persalinan kurang bulan, terutama jika itu merupakan kehamilan pertamanya.

No comments: