6.11.2010

Nyeri Otot Berkurang dengan Ramuan Jahe

Seringkali seseorang mengalami nyeri otot setelah berolahraga. Kini peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi jahe setiap hari bisa membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga.

Penelitian ini dipimpin oleh Patrick O'Connor dari University of Georgia di Athena. Dalam studi ini diketahui bahwa penambahan jahe sebanyak 2 gram setiap harinya bisa mengurangi nyeri otot yang dipicu oleh aktivitas olahraga sebesar 25 persen.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Pain. Penelitian ini menggunakan jahe yang mentah dan jahe yang sudah dimasak, ternyata didapatkan bahwa efek penghilang rasa nyeri ini tidak meningkat atau berkurang pada jahe yang dikonsumsi setelah dipanaskan atau dimasak.

Nyeri otot umumnya merupakan jenis keluhan yang paling umum dari rasa sakit dan olahraga yang tidak wajar, selain itu nyeri otot adalah cedera umum yang berkaitan dengan olahraga atau kegiatan rekreasi.

"Segala sesuatu yang benar-benar bisa meringankan jenis sakit atau keluhan ini tentunya akan sangat disambut oleh masyarakat yang sering mengalaminya," ujar O'Connor, seperti dikutip dari Topnews.In, Senin (24/5/2010).

O'Connor dan rekannya melakukan dua kali penelitian dengan masing-masing penelitian melibatkan 34 dan 40 partisipan. Partisipan ini diberikan kapsul jahe mentah, jahe dipanaskan atau plasebo selama 11 hari berturut-turut.

Fungsi lengan, peradangan dan nyeri akan diukur sebelum latihan dan selama tiga hari setelah latihan. Selain itu kadar dari bahan kimia yang terlibat dalam merasakan sakit juga diukur sebelum dan sesudah latihan. Pada hari kedelapan partisipan diharuskan mengangkat beban untuk memicu cedera otot ringan di lengannya.

Hasil penelitian ini menunjukkan asupan harian jahe baik yang dipanaskan atau mentah bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh olahraga sebesar 25 persen. Penelitian ini didanai oleh McCormick Science Institute.

Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa jahe mengandung bahan kimia yang memiliki cara kerja mirip dengan obat anti peradangan non-steroid seperti ibuprofen dan aspirin.

Pada penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa jahe dapat efektif dalam mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

No comments: