6.11.2010

Nasi Goreng Bumbu Kebuli Wow... Sedap!

Nasi goreng yang satu ini memang lain daripada yang lain. Bumbunya memakai bumbu nasi kebuli yang wangi dan kaya akan rempah-rempah. Ditambah isi berupa irisan daging kambing empuk yang menyembul di sela-sela butiran nasi. Woww... benar-benar sedap!

Sebagai pecinta kuliner, saya dan suami memang kerap menjajal tempat-tempat makan baru. Namun kami memiliki prinsip kalau rasanya tidak sesuai harapan kami gak boleh protes, tapi kalau rasanya enak kita dengan senang hati akan bercerita mengenai kelebihan tempat tersebut.

Salah satunya tempat makan yang berhasil memikat hati kami adalah warung "Bakmi Jogja Apjay (Nasi Goreng Bumbu Kebuli)" di Jl. Cipete Raya. Persisnya warung tersebut berada di sisi kanan restoran Bebek Tilam atau seberangnya restoran Dapur Sunda.

Seperti namanya, warung makan ini memang merupakan cabang dari Bakmi Jogja Apjay (baca: Apotik Jaya) Panglima Polim. Di Panglima Polim sendiri warung makan ini menempati lokasi pelataran parkir Apotik Jaya. Sedangkan di daerah Cipete warung bakmi ini menempati pelataran parkir atau teras sebuah rumah yang memang tidak berpenghuni.

Selain bakmi jogja, warung bakmi Apjay juga menyajikan menu lain seperti nasi goreng kambing bumbu kebuli dan bubur ayam. Waktu pertama kali mencoba, saya sengaja memesan bakmi jogja mengingat kondisi hujan kala itu sangat menunjang untuk memakan sesuatu yang berkuah dan hangat. Sementara suami saya yang memang hobi menikmati makanan berbau kambing tentu dengan sigap memesan nasi goreng bumbu kebuli.

Saya dan suami sepakat untuk memberi nilai bintang 4 untuk nasi goreng kambing bumbu kebuli seharga Rp 15.000,00 ini. Hmm... rasanya sangat pas di lidah terutama untuk rempah-rempahnya itu lho sangat khas bumbu kebuli, sehingga seperti sedang memakan nasi kebuli sungguhan. Sayang untuk bakmi Jogja warung makan ini saya hanya diberi nilai bintang 2, karena saya pernah merasakan bakmi jogja yang lebih enak.

Pada kesempatan kunjungan berikutnya saya juga mencoba bubur ayam dengan toping telur ½ matang yang diselundupkan di dalam bubur. Rasanya? Cukup enak untuk ukuran bubur ayam karena buburnya sendiri memang sudah gurih. Terlebih bila kuning telurnya yang masih setengah matang itu tanpa sengaja tertusuk sendok dan bercampur dengan bubur, rasa buburnya akan semakin gurih. Saya pun mengganjar bubur ayam telur ½ matang seharga Rp 10.000,00/mangkok ini dengan bintang 3.

Akhirnya, karena merasa menu-menu yang disajikan cocok dengan lidah, tempat ini kemudian menjadi salah satu tempat makan favorit saya, suami, dan teman-teman. Yah terutama bila kami sedang ingin makan kenyang, enak, dan murah. Di awal buka, Bakmi jogja Apjay di Cipete ini sebenarnya sempat buka 24 jam lho, tapi saat ini mereka hanya buka sampai dini hari (kalau gak salah sampai jam 2 pagi).

Warung makan ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat pengisi perut yang bisa Anda didatangi, terutama bila tengah malam merasa lapar. Selain rasanya yang enak, yang membuat saya senang untuk kembali datang dan makan di tempat ini adalah keramahan dari penjual maupun pelayannya.

Bakmi Jogja Apjay
Jl. Cipete Raya
Jakarta Selatan

Jl. Panglima Polim
Depan Apotik Jaya
Jakarta Selatan

No comments: