6.11.2010

Sisi Lain si Tongkat Ali

Tongkat Ali atau juga dikenal dengan Pasak Bumi sudah sangat terkenal sebagai penambah kejantanan pria. Tak hanya manjur, ternyata ada sisi lain Tongkat Ali yang memiliki efek samping.

Tongkat Ali merupakan pohon yang berasal dari beberapa negara Asia seperti Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Tongkat Ali atau Eurycoma longifolia adalah nama lokal untuk pohon yang berukuran menengah dengan batang ramping, yang dapat mencapai ketinggian maksimum sekitar sepuluh meter.

Ini adalah akar dari pohon hutan hujan, yang telah digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dulu. Nama 'Tongkat Ali' berasal alam yaitu akar yang panjang dan melingkar. Pertumbuhan pohon ini sangat lambat, dibutuhkan sekitar 25 tahun untuk menjadi dewasa.

Akar Tongkat Ali diklaim memiliki sifat yang dapat meningkatkan testosteron. Tanaman ini sekarang populer sebagai Viagra Asia, longjack, dan lainnya. Namun, beberapa efek samping Tongkat Ali juga telah dilaporkan.

Sekarang, Tongkat Ali banyak digunakan sebagai obat herbal. Akar ini tersedia dalam bentuk kering, bubuk atau ekstrak. Akar ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional di banyak negara Asia, sebagai aphrodisiac (zat perangsang) yang merangsang hasrat seksual.

Tongkat Ali ini terutama digunakan untuk meningkatkan libido, stamina seksual, dan kesuburan. Di beberapa daerah, juga digunakan dalam pengobatan impotensi dan disfungsi ereksi.

Selain itu, bahan-bahan yang terkandung didalamnya dapat menjadi suplemen untuk membangun otot, karena peningkatan kadar testosteron mengarah ke massa otot meningkat.

Ramuan Tongkat Ali juga diketahui memiliki zat antimalaria, anti tumor, anti pyretic (menurunkan suhu badan) dan anti bakteri.

Tongkat Ali juga bermanfaat untuk menyamakan dan menyeimbangkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini menyatakan bahwa tongkat ali baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem reproduksi.

Namun, meskipun Tongkat Ali telah digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad, tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikan kemanjuran dari ramuan ini.

Walaupun sebagian besar pengguna merasa puas dengan hasil kerja tongkat ali, tapi ada beberapa laporan tentang beberapa efek samping tongkat ali.

Seperti dilansir dari Ehow, Selasa (25/5/2010) berikut adalah efek samping dari tanaman Tongkat Ali:

1. Masalah tidur dan kelelahan
Tongkat Ali dilaporkan dapat menyebabkan gangguan tidur yaitu insomnia dan kelelahan.

2. Gelisah
Beberapa orang juga menjadi lebih gelisah atau tidak sabar.

3. Jantung berdebar
Detak jantung cepat kadang-kadang merupakan efek samping pada Tongkat Ali. Hal ini lebih cenderung terjadi jika diambil dalam dosis besar.

4. Tingkat testosteron
Tongkat Ali yang meningkatkan testosteron, maka tidak dianjurkan untuk orang dengan penyakit jantung, kencing manis, penyakit ginjal, masalah hati, prostat atau penderita kanker payudara.

5. Suhu badan meningkat
Beberapa orang juga melaporkan peningkatan suhu badan yang jauh di atas normal.

6. Sistem kekebalam tubuh
Sejumlah testosteron juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi. Hal ini dapat menimbulkan efek berbahaya pada orang yang sehat dan efek yang lebih berbahaya pada orang dengan gangguan imunodefisiensi. Tongkat Ali juga tidak boleh bagi pria yang sedang mengonsumsi obat immunosuppressant.

No comments: