6.11.2010

Tambo Cie... Soto Padang Sari Bundo!

Bagi pecinta hidangan Minang, Soto Padang merupakan salah satu menu khas Minang yang cukup digemari. Isinya berupa suwiran daging, paru yang gurih renyah, perkedel yang empuk dan suun yang kenyal. SIraman kuahnya yang bening menguar aroma rempah dari kaldu benar-benar... amboi lezatnya!

Tidak seperti Sate Padang yang sudah banyak kita temui di pasar tradisional maupun food court pusat perbelanjaan. Mungkin agak sulit mencari restoran yang menyajikan soto padang yang enak. Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman menyantap soto padang yang lezat dan pantas direkomendasikan.

Dari beberapa restoran yang saya tahu menyajikan soto ini, ada sebuah restoran yang memiliki soto Padang yang menurut saya paling lezat. Restoran 'Sari Bundo' namanya, letaknya dibelakang istana negara tepatnya di Jl. Juanda, Jakarta. Nama restoran ini sudah banyak dikenal orang karena merupakan rumah makan Minang yang telah lama dibuka.

Setahu saya restoran ini beroperasi dari tahun 1967. Restoran Minang ini selain menyajikan lauk pauk masakan Minang juga memiliki menu khusus khas Minang, salah satunya Soto Padang. Bertempat di pinggir jalan raya membuat restoran yang satu ini tak sulit dijumpai. Saat-saat jam makan siang restoran ini selalu penuh oleh pembeli, bahkan beberapa pejabat kerap mampir ke rumah makan ini.

Layaknya restoran Padang lainnya bagian depan terdapat etalase untuk menampilkan aneka masakan dan etalase minuman atau jus dibagian belakang. Suasananya rumah makan ini cukup nyaman dengan deretan kursi-kursi sederhana yang tak berubah dari tahun ke tahun.

Saat pengunjung datang si uda bakal langsung menyuguhkan aneka lauk-pauk dihadapan. Sebut saja ayam goreng, sambal petai, ayam gulai, dendeng balado, ayam pop, ayam bakar, dll yang disajikan dalam piring-piring kecil. Namun untuk Soto Padang ini kita harus memesannya langsung karena tidak langsung disajikan.

Soto Padang disajikan dalam mangkok putih dalam keadaan mengepul panas untuk disantap bersama nasi dan kerupuk merah. Soto Padang ini terdiri dari bihun/soun, perkedel dan dendeng kering renyah yang berukuran kecil kecil. Yang membuat istimewa soto ini adalah kuahnya yang kental, gurih dan berbumbu. Nikmat sekali disantap dengan nasi putih hangat. Apalagi ditambah dendeng balado kering yang renyah menambah selera. Pas sekali untuk dinikmati di cuaca yang kerap mendung maupun hujan.

Oh ya sebenarnya selain Soto Padang yang khas dari rumah makan ini adalah ayam gorengnynya yang digoreng kering dan gurih. Begitu pula dengan dendeng balado yang digoreng keriuk renyah. Untuk harganya memang sedikit lebih mahal dibanding dengan restoran Padang sejenis, untuk Soto Padang sendiri dihargai Rp 15.000-Rp 20.000,00.

Restoran ini buka dari pagi sekitar pukul 10.00 untuk menjelang makan siang hingga malam seusai makan malam sekitar pukul 22.00. Namun menu menu tambahan seperti Soto Padang tentunya akan cepat habis dibanding menu lainnya. Nah, buat pecinta masakan Minang, rasanya restoran ini patut dicoba apalagi Soto Padangnya slurpp... coba yuk!

Restoran Sari Bundo
Jl. Ir Juanda No.27
Jakarta Pusat
Telp: 021-345 8343/386 5055

No comments: