6.24.2010

Teknik Pemanasan Khusus Sebelum Berlari

Pemanasan terkadang terasa sia-sia. Anda mungkin tidak pernah merasakan efek apa-apa dari sebuah pemanasan. Padahal mengabaikan pemanasan bisa membuat orang cedera.

Sebelum berlari, sangat penting untuk melakukan pemanasan sebelumnya. Berikut ini beberapa cara pemanasan sebelum Anda berlari:

Leg Swing
Berdiri disamping dinding dengan meletakkan tangan kiri pada dinding dan berat bertumpu pada kaki kiri. Angkat kaki kanan Anda ke depan dan kebelakang hingga sejajar dengan pinggang. Lakukan gerakan ini bergantian dengan kaki kanan sebanyak 10 hingga 12 kali.

Side Leg Swing
Berdiri menghadap ke dinding dengan kedua tangan diletakkan pada dinding dan berat bertumpu pada kaki kiri. Tubuh sedikit bagian atas sedikit condong ke dinding. Ayunkan kaki kanan Anda melewati kaki kiri dan ayukan ke kanan sejauh mungkin dengan ujung kaki kanan seperti berjinjit. Seperti leg swing, lakukan hal yang sama dengan kaki kiri dan ayunkan kaki Anda sebanyak 10 hingga 12 kali

Leg swing dan side leg swing baik untuk merenggangkan paha bagian depan dan belakang sekaligus pinggul.

Knee Hugs
Angkat paha kanan Anda ke arah dada. Raih tulang kering dengan kedua tangan dan tekan kaki Anda ke arah dada. Tahan posisi ini selama 10 detik. Lakukan hal yang sama dengan kaki kiri.

Selain berguna untuk renggangkan otot pinggul dan paha belakang, gerakan ini juga meningkatkan kestabilan.

No comments: