12.22.2010

Gula Bisa Jadi Obat

Pengurangan konsumsi gula makin gencar dikampanyekan belakangan ini terkait risiko kegemukan dan diabetes yang ditimbulkannya. Tapi gula tidak selalu berbahaya karena gula juga bisa menjadi obat.

Dikutip dari Health, Kamis (5/8/2010), berikut adalah beberapa manfaat gula yang bisa jadi obat:

1. Menyembuhkan luka
Tradisi masyarakat Zimbabwe mengajarkan bahwa gula merupakan pembasmi kuman yang sangat efektif. Masyarakat setempat menaburi luka terbuka dengan gula pasir, dengan tujuan agar proses penyembuhannya lebih cepat.

Penelitian di Inggris telah membuktikan gula mampu menarik cairan di sekitar luka sehingga tidak ditumbuhi bakteri. Efeknya sama seperti garam, tetapi tidak menyebabkan rasa perih saat ditaburkan.

2. Pereda nyeri
Sebuah penelitan yang dimuat dalam jurnal Pediatrics mengungkap khasiat larutan gula dalam meredakan nyeri pada bayi saat mendapat suntikan imunisasi. Sebagian besar bayi yang diberi minum 1/4 gelas larutan tersebut tidak menangis saat disuntik, karena lebih sedikit merasakan nyeri.

3. Melembutkan kulit kasar
Gula merupakan pelembut (exfoliant) alami bagi kulit. Untuk melembutkan kulit yang rusak, gunakan resep dari The Groove Park Inn Resort and Spa di North Carolina berikut ini.

Campurkan 1/2 cangkir gula pasir dengan 1/4 cangkir minyak kanola, tambahkan dengan 3 tetes minyak lavender esensial. Gunakan sebagai scrub, usapkan dengan gerakan melingkar.

4. Menjaga bunga mekar lebih lama
Sedikit tambahan gula pada air di dalam vas dapat meningkatkan daya tahan rangkaian bunga potong. Menurut Rita Azar, seorang pemilik toko bunga di Los Angeles, 1 sendok teh gula pasir cukup untuk membuat bunga segar mekar lebih lama.

No comments: