1.22.2008

Sisi Lain Terima Kasih

e-RH(c)%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Tanggal: Rabu, 21 November 2007
Bacaan : 1 Korintus 13
Setahun: Yehezkiel 16-17; Yakobus 3

Nats : [Kasih] tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari
keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak
menyimpan kesalahan orang lain (1 Korintus 13:5)

Judul:
SISI LAIN TERIMA KASIH

Pasangan muda yang baru saja dikaruniai anak menerima hadiah atas
kelahiran bayi mereka. Mereka sangat berterima kasih atas hadiah
tersebut, maka sang ibu mengambil kartu ucapan terima kasih, menulis
pesan indah, dan siap mengirimkannya.

Namun entah bagaimana, kartu itu tertimbun di tumpukan kertas
pekerjaan dan tak pernah terkirim. Ucapan terima kasih itu
terlupakan. Pemberi hadiah menunggu, tetapi tak ada ucapan terima
kasih yang datang.

Hubungan menjadi renggang ketika satu keluarga mengira ucapan terima
kasih telah dikirimkan, sementara yang lain menganggap tidak adanya
ucapan terima kasih adalah sikap yang tidak sopan. Kegagalan untuk
mengirimkan kartu, membuat pemberi hadiah merasa diremehkan, tidak
dihargai, dan diabaikan.

Di antara banyak kata-kata penting, alangkah baiknya bila kita bisa
menyampaikan dua kata berharga ini, yaitu "Terima kasih". Selain
bahwa mengucapkan terima kasih sangat penting, ada sisi lain yang
mesti kita perhatikan. Jika kita memberi hadiah kepada orang lain,
kita harus melakukannya dengan tulus tanpa mengharapkan balasan apa
pun, termasuk ucapan terima kasih kembali. Kasih yang sejati memberi
tanpa mengharapkan balasan.

Kasih, sebagaimana digambarkan dalam 1 Korintus 13:4, "sabar dan baik
hati" dan tidak pernah mencari keuntungan diri. Kasih tidak pernah
memendam kesalahan, bahkan saat seseorang lupa mengucapkan terima
kasih atas kebaikan yang kita lakukan. Sisi lain dari ucapan terima
kasih adalah hati tulus yang mencerminkan kasih Allah yang sempurna
kepada kita --JDB

KASIH YANG SEJATI TIDAK BERSIFAT MENGIKAT


1 Korintus 13

1. Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia
dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku
sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.
2 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku
mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan
sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan
gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali
tidak berguna.
3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada
padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku
tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.
4. Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia
tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari
keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan
kesalahan orang lain.
6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena
kebenaran.
7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu,
mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
8. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh
akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.
9 Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak
sempurna.
10 Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu
akan lenyap.
11 Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti
kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti
kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku
meninggalkan sifat kanak-kanak itu.
12 Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran
yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan
muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi
nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri
dikenal.
13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan
dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.




%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Diterjemahkan oleh Yayasan Gloria dengan izin
Hak Cipta (c) pada RBC Ministries

No comments: