6.20.2008

Kebaikan di Masa Depan

e-RH(c)%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Tanggal: Selasa, 10 Juni 2008
Bacaan : Yeremia 29:1-23
Setahun: Ayub 35-37

Nats: Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku
mengenai kamu, ... yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan
rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang
penuh harapan (Yeremia 29:11)

Judul:

KEBAIKAN DI MASA DEPAN

Apakah Anda pernah melihat tukang obat yang "praktik" di pasar-pasar
dengan tenda lebar dan gelegar musik serta loudspeaker-nya? Waktu
kecil, saya senang melihat tukang obat semacam ini. Terutama karena di
mata saya waktu itu, si tukang obat begitu hebat dan meyakinkan. Ada
macam-macam obat; dari obat sakit gigi sampai rematik. Di mulut si
tukang obat, semua tampak sangat ampuh!

Tampaknya begitu juga suara nabi-nabi palsu yang ikut dibuang ke
Babel. Mereka bernubuat; umat akan segera pulang ke tanah perjanjian,
umat Yehuda akan kembali berjaya (Yeremia 28:2-4,11). Siapa yang tidak
senang mendengar penghiburan bahagia atas nama Tuhan? Wajar bila umat
terhibur. Namun, nubuatan mereka palsu. Yeremia, nabi Tuhan, meradang
melihat kepalsuan ini. Jadi, ia menulis surat kenabian bagi saudara
sebangsa yang terbuai kepalsuan itu: "Dirikanlah rumah ... menikahlah
... usahakanlah kesejahteraan kota ... masih 70 tahun lagi waktu bagi
Babel ... jangan teperdaya ucapan nabi palsu" (Yeremia 29:4-10).

Ya, Yeremia menyampaikan berita yang berbeda, "Sebab Aku tahu
rancangan-Ku tentang kamu ... yakni rancangan damai sejahtera dan
bukan rancangan kecelakaan ..." (ayat 11). Namun itu tidak berarti
umat bisa pulang sekarang. Tidak, umat masih harus menjalani masa
pembuangan. Ini kehendak Tuhan. Berat. Betul, tetapi melaluinya Tuhan
sedang merancang kebaikan di masa depan.

Jalan menuju masa depan kerap kali adalah jalan masa kini yang terjal.
Siapa yang berani bertahan dan maju bersama Tuhan meski "dalam
ketidakpastian hidup", akan melihat karya Tuhan yang pada akhirnya
akan dilihat sebagai kebaikan —DKL

TUHAN ADA DI DEPAN; DIA MEMIMPIN KITA
JUGA SELALU ADA DI SISI; DIA MENEMANI KITA

Yeremia 29:1-23

1 Beginilah bunyi surat yang dikirim oleh nabi Yeremia dari Yerusalem
kepada tua-tua di antara orang buangan, kepada imam-imam, kepada
nabi-nabi dan kepada seluruh rakyat yang telah diangkut ke dalam
pembuangan oleh Nebukadnezar dari Yerusalem ke Babel.
2 Itu terjadi sesudah raja Yekhonya beserta ibu suri, pegawai-pegawai
istana, pemuka-pemuka Yehuda dan Yerusalem, tukang dan pandai besi
telah keluar dari Yerusalem.
3 Surat itu dikirim dengan perantaraan Elasa bin Safan dan Gemarya
bin Hilkia yang diutus oleh Zedekia, raja Yehuda, ke Babel, kepada
Nebukadnezar, raja Babel. Bunyinya:
4 "Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, kepada semua
orang buangan yang diangkut ke dalam pembuangan dari Yerusalem ke
Babel:
5 Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati
hasilnya;
6 ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan;
ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi
anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan
perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang!
7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan
berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya
adalah kesejahteraanmu.
8 Sungguh, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel:
Janganlah kamu diperdayakan oleh nabi-nabimu yang ada di
tengah-tengahmu dan oleh juru-juru tenungmu, dan janganlah kamu
dengarkan mimpi-mimpi yang mereka mimpikan!
9 Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu demi nama-Ku. Aku tidak
mengutus mereka, demikianlah firman TUHAN.
10 Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun
bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati
janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.
11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku
mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai
sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu
hari depan yang penuh harapan.
12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka
Aku akan mendengarkan kamu;
13 apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu
menanyakan Aku dengan segenap hati,
14 Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan
Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari
antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah
Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan
mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang
kamu. —
15 Memang kamu berkata: TUHAN telah membangkitkan nabi-nabi bagi kami
di Babel. —
16 Sungguh, beginilah firman TUHAN tentang raja yang duduk di atas
takhta Daud dan tentang seluruh rakyat yang diam di kota ini, yakni
saudara-saudaramu yang tidak keluar beserta kamu ke dalam
pembuangan:
17 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sesungguhnya, Aku akan
mengirim pedang, kelaparan dan penyakit sampar ke antara mereka,
dan Aku akan membuat mereka seperti buah ara yang busuk dan
demikian jeleknya, sehingga tidak dapat dimakan.
18 Aku akan mengejar mereka dengan pedang, kelaparan dan penyakit
sampar, dan Aku akan membuat mereka menjadi kengerian bagi segala
kerajaan di bumi, menjadi kutuk, kedahsyatan, suitan dan aib di
antara segala bangsa ke mana mereka Kuceraiberaikan,
19 sebagai ganjaran bahwa mereka tidak mendengarkan perkataan-Ku,
demikianlah firman TUHAN, yang telah Kusampaikan kepada mereka
terus-menerus dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, yakni para nabi;
tetapi kamu tidak mendengarkannya, demikianlah firman TUHAN.
20 Tetapi dengarkanlah firman TUHAN, hai kamu semua orang buangan,
yang telah Kukirim dari Yerusalem ke Babel!
21 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, tentang Ahab bin
Kolaya dan tentang Zedekia bin Maaseya, orang-orang yang bernubuat
palsu kepadamu demi nama-Ku: Sesungguhnya Aku akan menyerahkan
mereka ke dalam tangan Nebukadnezar, raja Babel, yang akan memarang
mereka mati di depan matamu sendiri,
22 sehingga dari keadaan mereka akan dijadikan suatu kutuk oleh semua
orang buangan dari Yehuda yang ada di Babel, demikian: Biarlah
TUHAN memperlakukan kamu seperti Zedekia dan Ahab yang telah
dipanggang oleh raja negeri Babel di dalam api!,
23 oleh karena mereka telah melakukan kebebalan di Israel, telah
berzinah dengan isteri sesama mereka dan telah mengucapkan demi
nama-Ku perkataan dusta yang tidak Kupesankan kepada mereka. Aku
sendirilah yang mengetahui dan menyaksikannya, demikianlah firman
TUHAN."



%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

No comments: