8.29.2008

Kecantikan Untuk Tampil Muda

Kita memang tak bisa menghindar dari bertambahnya umur, tapi banyak cara untuk mengusahakan agar penampilan senantiasa awet muda. Berdasarkan riset yang dilakukan para ahli kecantikan ada beberapa strategi yang harus dilakukan untuk menghentikan, memperbaiki, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

"Melakukan satu dari beberapa strategi berikut ini sudah mampu untuk membuat perbedaan besar pada penampilan kulit," kata Jeannette Graf, MD, dermatologis dan ahli ilmu kulit dari New York, AS. Tapi jangan hanya berhenti pada satu, lakukan seluruh langkah berikut ini dan lihat hasilnya kemudian.

Upgrade Your Sunscreen
Tingkatkan kadar SPF pada produk tabir surya yang Anda gunakan, minimal mengandung SPF 30. Kadar SPF yang tinggi tak hanya melindungi kulit dari UVB tapi juga UVA, jenis ultraviolet yang paling bertanggung jawab terhadap munculnya kerut, keriput, serta pigmentasi yang membuat warna kulit bertambah gelap. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa tabir surya yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E, memberi perlindungan dengan lebih efektif karena bisa mencegah radikal bebas yang juga merusak kulit.

Kosmetik Mengandung Retinoid
Banyak produk kosmetik yang bisa membantu peremajaan kulit, tapi untuk mengurangi kerutan, menghaluskan tekstur, dan menghilangkan vlek hitam, tak ada lagi produk yang mampu melakukannya selain yang mengandung retinoid.

Selama lebih dari 30 tahun, riset membuktikan bahwa retinoid mampu meningkatkan produksi kolagen dan merangsang pembaruan sel yang sering melambat seiring dengan bertambahnya usia. "Dengan sedikit pengecualian, setiap orang yang sudah memasuki usia 30 tahun seharusnya mulai menggunakan produk yang mengandung retinoid jika mereka ingin tampak lebih muda," kata Ranella Hirsch, MD, ahli kosmetik kulit.

Perhatikan Bagian Leher
Kebanyakan wanita hanya fokus pada bagian wajah dan melupakan bagian leher, dada, dan tangan. Akibatnya seringkali bagian wajah tampak berusia 30 tahun namun bagian lainnya seperti usia 50 tahun. Karena itu, aplikasikan juga produk kosmetik yang Anda pakai di wajah pada bagian leher, dada, dan tangan.

Tidur Cukup
Banyak hal penting yang terjadi pada kulit saat kita tidur, salah satunya adalah pergantian sel -sel yang mati. Sayangnya, kita tak hanya kurang tidur (direkomendasikan 7-9 jam per hari), tapi juga tidak tidur dengan nyenyak.

Pilih Produk Sesuai Usia
Beberapa perusahaan kosmetik sudah memiliki produk yang ditujukan untuk kulit wanita dewasa, atau berusia di atas 30 tahun. Formulasinya dibuat khusus sehingga tak hanya meremajakan tapi juga melembabkan, merangsang terbentuknya kolagen, dan fokus pada melawan tanda penuaan. Beberapa produk yang bisa Anda pilih di antaranya Lancome, Dove, dan Clarins.

No comments: