8.22.2008

Pentingnya Harapan

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
e-Renungan Harian
Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 11 Agustus 2008
Bacaan : 2 Timotius 4:9-18
Setahun: Yesaya 32-35
Nats: Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia
akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam
Kerajaan-Nya di surga (2Timotius 4:18)

Judul:
PENTINGNYA HARAPAN

Victor Frankl, psikiater Yahudi, dibawa tentara Nazi ke kamp kerja
paksa di Auschwitz, bersama 1.500 orang lainnya. Setibanya di sana,
1.300 orang, termasuk orangtua, istri, dan saudaranya, dibawa ke
kamar gas untuk dibunuh. Frankl sendiri dibiarkan hidup di kamp,
namun ia kehilangan semua orang yang dikasihinya. Walau tersiksa
lahir batin, ia bertahan. Mengapa? Karena ia punya harapan. Dr.
Jerome Groopman, penulis The Anatomy of Hope, menjelaskan bahwa
harapan adalah obat untuk tetap hidup sehat dalam situasi genting.
Harapan meyakinkan orang bahwa yang terbaik masih akan datang.

Surat 2 Timotius ditulis ketika Paulus kesepian. Ia harus menghadapi
sidang pengadilan, tanpa seorang pun bisa membelanya. Kreskes dan
Tikhikus pergi karena tugas lain menanti. Demas telah terbujuk
kenikmatan dunia dan meninggalkannya (ayat 10). Padahal orang-orang
seperti Aleksander, si tukang tembaga, telah memberi kesaksian yang
memberatkan. Situasinya sungguh mengecewakan, namun Paulus tidak
kehilangan harapan. Mengapa? Karena harapannya disandarkan kepada
Tuhan, bukan kepada manusia. Saat kehilangan rekan-rekan, ia yakin
Tuhan sendiri akan mendampingi dan menguatkan (ayat 17). Harapan
Paulus terbentang jauh ke depan. Bukan hanya sebatas menang dalam
persidangan. Paulus yakin ia akan diselamatkan Tuhan sampai masuk
surga (ayat 18).

Harapan sangat penting. Namun juga jangan lupa, kepada siapa Anda
berharap juga tidak kalah pentingnya. Maka, jangan salah menaruh
harapan. Jika berharap banyak kepada manusia, kita bisa kecewa.
Taruhlah harapan kepada Tuhan yang tak berubah di segala keadaan -JTI

ANDA BOLEH KEHILANGAN HARTA, TEMAN, ATAU JABATAN
NAMUN JANGAN SAMPAI KEHILANGAN HARAPAN

2 Timotius 4:9-18

9. Berusahalah supaya segera datang kepadaku,
10 karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku.
Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia
dan Titus ke Dalmatia.
11 Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. Jemputlah Markus dan
bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.
12 Tikhikus telah kukirim ke Efesus.
13 Jika engkau ke mari bawa juga jubah yang kutinggalkan di
Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen
itu.
14 Aleksander, tukang tembaga itu, telah banyak berbuat
kejahatan terhadap aku. Tuhan akan membalasnya menurut
perbuatannya.
15 Hendaklah engkau juga waspada terhadap dia, karena dia
sangat menentang ajaran kita.
16. Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang
membantu aku, semuanya meninggalkan aku--kiranya hal itu jangan
ditanggungkan atas mereka--,
17 tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku,
supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya
dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku
lepas dari mulut singa.
18 Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat.
Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam
Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya!
Amin.



e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
Diterbitkan dan Hak Cipta (c) oleh Yayasan Gloria

No comments: