5.24.2010

4 Langkah Perawatan Rambut Tipis

Jangan berpikir bahwa rambut tipis tidak bisa terlihat indah. Dengan potongan yang tepat serta perawatan yang rutin, rambut akan tampak lebih menawan.

Anda dapat menjaga kelembutan, kesehatan serta kilau rambut dengan perawatan sendiri di rumah dan tak perlu dengan produk rambut yang mengandung bahan-bahan kimia.

1. Potong Rambut
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah tatanan rambut Anda. Potongan bob lebih cocok, sesuaikan potongan dengan bentuk wajah Anda, tanyakan lebih lanjut kepada hair stylist Anda. Dengan potongan ini akan membuat rambut terlihat lebih penuh dan mengembang. Jangan membiarkan rambut Anda tumbuh semakin panjang, apalagi melewati bahu. Hal ini membuat rambut semakin terlihat tipis.

2. Kurangi Penggunaan Conditioner
Rambut tipis rentan dengan bahan yang mengandung minyak, seperti yang terkandung dalam conditioner. Hal ini malah akan membuat rambut menjadi lepek. Solusinya adalah, gunakan conditioner hanya di ujung-ujung rambut saja. Selain itu, mencuci rambut jangan terlalu sering, cukup dua atau 3 hari sekali.

3. Cuci Rambut Dengan Susu Kambing
Susu kambing bermanfaat untuk menjaga minyak alami yang ada pada kulit kepala. Fungsinya agar produksi minyak pada kulit kepala tidak berlebih. Namun bukan berarti menjadikan kulit kepala serta rambut menjadi kering, perawatan ini akan tetap menjaga kelembabannya. Lakukan dengan cara keramas seperti biasa menggunakan shampo, kemudian oleskan susu pada rambut, kemudian diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih. Susu kambing bisa didapatkan di pasar tradisional. Perlu diperhatikan sebelum Anda mengoleskan susu kambing ke rambut, rebus susu terlebih dahulu untuk menjaga kehigienisannya.

4. Memijat Kulit Kepala
Walaupun rambut Anda tipis, pemijatan di kulit kepala dapat membuat rambut indah. Jangan khawatir rambut Anda akan rontok. Dengan cara yang tepat, kerontokan tidak akan terjadi. Cukup gunakan jari dengan arah memutar dan Anda dapat menundukkan kepala Anda ke bawah untuk membantu aliran darah ke kulit kepala. Pastikan tidak menggunakan kuku dan memberikan tekanan yang telampau keras.

No comments: