5.24.2010

Hilangkan Lemak Mengganggu Dengan Stability Ball

Banyak cara berolahraga yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan menggunakan stability ball.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa melatih perut menggunakan stability ball sangat efektif. Anda bisa membentuk tubuh hingga dua kali lebih cepat daripada melakukan crunches atau sit ups biasa.

Berikut ini kami memberikan variasi latihan dengan menggunakan stability ball. Lakukan latihan ini sebanyak tiga kali dalam seminggu dengan tiga set untuk setiap variasinya.

Selain membentuk tubuh lebih cepat hingga dua kali lipat, berlatih dengan stability ball ini tidak memerlukan waktu yang lama. Anda cukup berlatih selama 15 hingga 20 menit saja setiap sesi latihannya saja.

Balance Push Ups
Posisi balance push ups mirip push ups biasa. Letakkan kedua tangan di lantai dengan pergelangan yang lurus. Posisi tangan melebar namun sejajar dengan kuping Anda.

Bedanya, jika pada push ups biasanya kaki Anda langsung bertumpu pada lantai, balance push ups menjadikan stability ball sebagai tumpuan tubuh bagian bawah. Letakkan stability ball sebagai tumpuan tepat di bawah tulang kering. Bagi yang masih pemula, Anda bisa meletakkan stability ball di paha.

Turunkan tubuh bagian atas Anda ke bawah. Namun pastikan tulang belakang Anda tetap tegak lurus. Kemudian kembali ke posisi semula. Pada saat menurunkan lengan maka perut ikut menahan beban dari kaki. Lakukan variasi ini dalam 8 hingga 12 pengulangan.

Bridge Hamstring Curl
Terlentanglah di lantai namun jadikan stability ball tumpuan pada tumit Anda. Tekan tumit Anda kepada stability ball. Letakkan tangan Anda di samping tubuh. Kemudian kontraksikan perut Anda dan angkat bokong Anda ke atas. Pastikan perut hingga lutut tetap lurus agar perut Anda berkontraksi. Kembalilah ke posisi awal. Lakukan latihan ini dalam 10 hingga 12 kali pengulangan.

Hand-to-Foot Ball Pass
Terlentang dengan kedua tangan melewati kepala Anda. Peganglah stability ball di tangan Anda. Kemudian angkat kaki Anda ke atas dan tangan beserta stability ball ke atas. Pindahkan stability ball dari tangan ke kaki Anda dengan cara dikepitkan pada paha. Kembali ke posisi semula dengan stability ball berada di paha. Lalu Angkat kembali kaki dan tangan ke atas. Pindahkan kembali stability ball dari paha ke tangan. Lakukan variasi ini dalam 5 hingga 8 pengulangan.

No comments: