6.11.2010

Iga Penyet Suroboyo

Daging iga yang satu ini tak hanya rasanya yang gurih enak, teksturnya juga hmm... sungguh empuk. Cocolan sambal rawit yang pedasnya dahsyat menambah nikmat rasanya saat disuap bersama nasi putih hangat. Apalagi jika dinikmati dengan menggunakan tangan wuih... dijamin makin sedap!

Nama Le'ko di Surabaya memang sudah taka asing lagi di kalangan pencinta iga penyet. Restoran yang menyajikan menu iga penyet sebagai andalannya ini memang sudah tersohor hingga akhirnya akhirnya muncul di Jakarta. Setelah lama jadi incaran akhirnya di akhir pekan kemarin saya dan teman-teman sesama penyuka iga berhasil menyambangi restoran tersebut.

Berbekal rasa penasaran kami pun menempuh perjalanan Kebon Jeruk - BSD. Namun untunglah letaknya yang berada di jejeran ruko Villa Melati Mas tepat berada di pinggir Jl. Raya Serpong sehingga tidak menyulitkan kami menemukannya.

Saat tiba tampak meja-meja sederhana dari kayu dideretkan di sisi kiri dan kanan ruangan dan beberapa telah terisi oleh pengunjung. Sedangkan bagian dinding dihiasi beberapa testimonial dari para artis yang pernah bersantap disini seperti Ivan Gunawan, dll.

Sesederhana tempatnya menu-menu yang ditawarkan pun bisa dibilang tak begitu banyak. Meskipun begitu menu iga andalan restoran ini ditawarkan dalam beberapa variasi seperti Iga Hotplate, Iga Tepung, Iga Goreng/Penyet/Sup, dan Iga + Otot Goreng/Penyet/Sup. Selebihnya ada Sup sump-sum, empal, tahu, tempe, babat, dan ayam.

Berhubung niat kami mememang ingin mencicipi iga maka pilihan kami jatuh pada Iga Penyet, Iga Hotplate, dan Iga Sup. Ada 3 pilihan tingkat kepedasan sambal yang ditawarkan mulai dari tidak pedas, sedang, dan pedas. Wah sebagai penyuka pedas kami pun tertantang untuk memesan porsi pedas.

Sebagai pendamping si iga penyet tak lupa dipesan seporsi cah kangkung. Untuk pilihan minumannya sendiri cukup unik karena disajikan dalam porsi biasa dan porsi jumbo. Karena beda harga tidak terlalu jauh antara ukuran jumbo dan biasa, kami memesan es lemon tea ukuran jumbo.

Setelah beberapa menit menunggu akhirnya hidangan kami tersaji juga di atas meja. Sekitar tiga sampai empat potong iga penyet plus taburan bawang tersaji dalam piring mungil dari tanah liat. Dibawahnya tersembul sambal dadak merah yang tampak garang sekaligus menggoda selera plus lalapan khas hidangan penyet.

Wah tak terasa terbit sudah air liur ini. Agar makin nikmat saya pun melupakan sendok dan langsung bergegas menuju wastafel yang sudah disediakan. Untuk menyantap hidangan seperti ini memang paling nikmat menggunakan tangan.

Iga ini digoreng kering sehingga menimbulkan sensasi gurih sedikit crispy di bagian diluar. Segera saja saya coba keempukan si iga dan ternyata saya benar-benar tidak kecewa. Dagingnya langsung terlepas dari tulang saat dikoyak dengan tangan. Aroma bawang putihpun tercium menguap dari sobakan dagingnya. Saat disuapkan ke dalam mulut dengan nasi hangat dan cah kangkung hmm... empuknya iga dan krenyes kangkung memberikan sensasi tersendiri di dalam mulut.

Cocolan sambal yang merah garang dengan memakai sambal rawit ini langsung menyetrum lidah. Tak ayal lagi titik-titik keringat pun mulai berlelehan. Huah... huah puedas dan enak! Untunglah segelas es lemon tea berukuran besar mampu meredamnya.

Slurpp... saat menghirup kuah sup iga yang bening dengan warna sedikit kecokelatan ini langsung membuat jatuh cinta. Kaldu sapinya yang ringan dan tidak berlebihan lemak meluncur hangat di tenggorokan. Buat sup iga ini irisan dagingnya sedikit lebih besar dan sedikit lebih banyak sehingga bisa disantap 2-3 orang. Ditempatkan di dalam paci mungil stainless steel dengan pemanas dibawahnya membuatnya tetap hangat saat dinikmati sampai akhir.

Untuk iga hotplate tampilannya tak beda jauh dengan iga penyet. Bedanya iga hotplate ini disajikan di atas hotplate dan hal tersebut membuat kedua sisi daging iga yang tampak sedikit gosong kehitaman. Meskipun iga yang satu ini tak kalah empuk namun tetap saja yang jadi favorit saya adalah si iga penyet dan sup iga.

Semua menu yang terdapat di warung Le'ko ini dihargai tak lebih dari Rp 37.500,00. Untuk seporsi iga penyet dan sup iga yang lezat tersebut masing-masing dihargai Rp 25.000,00. Sedangkan iga hotplate sedikit lebih mahal yaitu Rp 32.000,00 dan Rp 7.000,00 untuk es lemon tea jumbo. Tak begitu mahal bukan? Lain kali meski harus menempuh perjalanan lumayan jauh saya pun tak keberatan untuk datang kembali mengulang kelezatan iga penyet ini!

Warung Le'ko
Spesialis Iga Penyet
Ruko Villa Melatin Mas SQR A2 No.8
Telp: 021-53151434

Citywalk Sudirman Lantai 1
JL. KH Mas Mansyur No.121
Jakarta Pusat
Telp: 021-2555-8890

Jl. Boulevard Barat Blok B No.9
Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telp: 021-45851340

No comments: