6.11.2010

Mochi, Si Manis Kenyal Dari Sukabumi

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Sukabumi tanpa membawa oleh-oleh mochi. Ya, si manis kenyal dengan ukuran mungil ini memang banyak digemari. Namun selain rasa yang enak, segi kehalalan mochi juga tak kalah penting sehingga konsumen harus cermat sebelum membelinya!

Siapa yang tak kenal mochi? Panganan yang satu ini sebenarnya diadaptasi dari negeri Sakura. Di Jepang sana mochi sering dibuat dan dimakan beramai-ramai saat perayaan tradisional mochitsuki atau tahun baru Jepang.

Di Indonesia sendiri mochi cukup populer dan bahkan menjadi makanan dan oleh-oleh khas di beberapa daerah. Salah satu daerah yang memproduksi mochi yang terkenal adalah Sukabumi, dimana pembuat mochi bertebaran mulai dari skala besar hingga skala rumahan.

Pabrik Mochi Lampion yang terletak di JL. Bayangkara Gang Kaswari ini konon merupakan pembuat mochi pertama di Sukabumi. Meski disebut pabrik namun tempatnya tak besar yaitu berupa bangunan rumah bertingkat dua.

Bahan baku utama untuk membuat mochi Lampion adalah tepung ketan yang diuleni dan dimasak. Setelah itu barulah adonan tersebut dibentuk kotak-kotak dan diisi dengan gerusan kacang tanah manis, lalu dibentuk bulat-bulat dan ditaburi tepung kanji agar tak lengket. Yang khas dari mochi versi Sukabumi ini dijual dalam wadah-wadah bambu kecil.

Menurut sang pemilik, Wanti Wiharsa usaha ini berawal dari usaha keluarga yang hingga kini telah dirintis selama 25 tahun. Kini Mochi Lampion telah dikenal di berbagai daerah di Jawa Barat. Tidak hanya memperhatikan segi rasa, ternyata Mochi Lampion juga menjadikan aspek kehalalan menjadi salah satu kebijakan perusahaan.

Salah satu usaha kami untuk menjaga kehalalan Mochi Lampion adalah dengan memakai bahan-bahan baku yang memiliki sertifikat halal," ujar Wanti. Hal tersebut juga diperkuat dengan kepemilikan sertifikat halal Mochi Lampion dari LPPOM MUI Jawa Barat.

Mochi Lampion sendiri tidak menjual menitipkan produknya ke toko-toko dan pedagang eceran melainkan pembeli bisa langsung datang ke pabriknya untuk membeli mochi. Dengan mengantongi sertifikat halal ini diharapkan konsumen akan lebih tenang dan nyaman dalam mengkonsumsi mochi. Nah, kalau mampir ke Sukabumi jangan lupa membeli oleh-oleh mochi ya!

No comments: