6.11.2010

Nabung Bebek, Nyam Nyam... Uenaak Tenan

Nasi yang satu ini sedep mantep rasanya. Dibungkus sepotong janur dan dimatangkan dalam buluh bambu. Panas mengepul menebarkan wangi rempah dan bambu yang menggelitik hidung. Disuap dengan bebek goreng yang empuk miroso, serta dicocol sambal wah...benar-benar nikmat!

Usai menengok seorang dokter yang membuka klinik di sebuah ruko di Jl. Raya Kelapa Dua, Gading Serpong, sayapun mulai menyusuri deretan ruko di kawasan Paramount Centre mencari tempat makan siang yang enak. Gagal mampir ke Rumah Susu yang tutup, mata sayapun melihat papan nama 'Nasi Jambrong dan Nasi Bumbung' yang tak terlalu mencolok.

Wah, saya jadi ingat warung nasi yang sama di kawasan Kaliurang, Yogyakarta langsung saja saya putuskan mencicipi kembali kelezatan Nabung. Nabung – kependekan dari Nasi Bumbung. Bumbung dalam bahasa jawa berarti buluh bambu atau potongan bambu. Andalan rumah makan ini ya nabung dan nasi jambronk.

Meja dengan kursi kayu panjang memnuhi ruangan rumah makan yang dibuka bulan Agustus silam. Foto-foto menu dalam ukuran besar ditempel di dinding komplet dengan namanya. Jadi tanpa melihat daftar menu sudah bisa menentukan pilihan.

Menunya tidak terlalu banyak. Nabung bisa dipilih dengan aneka lauk, bebek goreng, ayam goreng, lele goreng, udang, empal atau cumi. Sedangkan nasi jambronk hanya ada satu macam. Kalau mau menambah lauk ada gurami goreng atau bakar, tahu dan tempe goreng, oseng kangkung dan sup ayam jamur.

Nabung begor dan nabung udang yang saya pesan disajikan lebih dulu. Hmm... ternyata nasi disajikan dalam sepotong bambu setinggi 20 cm berwarna cokelat tua. Potongan janur menyembul di atasnya. Untuk menyantapnya harus dikeluarkan dari bumbung dahulu. Caranya, cukup dengan menarik janur maka nasi akan tertarik keluar dan setelah ada di piring, tinggal menarik janurnya saja.

Kepulan asap lembut menebarkan aroma wangi gurih segera menguap dari nasi yang berwarna sedikit kekuningan ini. Saat disuap rasanya gurih-gurih wangi, ada selipan irisan cabai merah dan butiran halus telur serta wortel. Karena diungkep dalam janur dan bambu aroma wanginya sangat kuat. Butiran berasnya pulen lembut.

Bebek goreng bagian dada yang jadi lauk ditemani sepotong tahu goreng, irisan tomat dan timun dan semangkuk kecil sambal goreng plus kerupuk. Sekali sayat, daging begorpun terlepas. Empuk, lembut dengan resapan bawang dan jahe yang meresap hingga ke sela tulang. Saat dicocol dengan sambal yang tak terlalu garang, rasanya jadi makin sedap saja!

Racikan Nabung Udang hampir sama, yang beda hanya udang gorengnya. Tiga ekor udang goreng tepung ukuran sedang menjadi lauknya. Balutan tepungnya garing renyah berpadu dengan rasa udang yang juga gurih wangi. Rasanya makin enak disuap dengan nabung yang hangat kemepul.
Sedikit berbeda dengan tampilan nasi jambronk. Nasi ini ada dua pilihan, biasa dan dibakar. Sengaja saya memilih nasi jambronk bakar karena ingin merasakan aroma wangi daun pisang. Nasinya berwarna kecokelatan, mirip nasi kebuli, ditemani orek tempe, kerupuk, lalap timun dan tomat serta sambal.

Aroma nasi jambronk ini benar-benar mirip nasi kebuli. Ada aroma cengkih, kayu manis, kapulaga dan bawang yang tercium sungguh kuat. Nasinya pulen lembut dan dugaan saya nasi ini ditanak dengan kaldu dan racikan rempah yang royal karena itu rasa gurih wanginya sangat lekat kuat. Pantas saja lauknya minimalis karena nasinya sudah sempurna enaknya.

Meskipun hanya berlauk orek tempe (yang kering manis) dan sepiring kecil oseng kangkung, nasi ini terasa lezat. Aroma rempah di mulut pun saya bilas dengan segelas teh tarik dingin yang legit wangi. Mungkin kalau cuaca dingin seperti di Kaliurang, secangkir Wedang Wayang yang diracik dengan jahe dan aneka rempah pasti bakal jadi teman yang pas.

Sajian yang unik itupun dihargai tidak terlalu mahal. Nabung bebek yang paling mahal Rp. 22.500,00 dan nabung udang Rp. 20.000,00, nasi jambronk biasa/bakar Rp 7.500,00 dan gurame goreng/bakar Rp. 35.000,00/ekor. Sebuah sajian yang pasti mengenyangkan dan menyenangkan buat pencinta nasi!

Nasi Jambronk & Nasi Bumbung
Ruko Paramount Center Blok A-26
Jl. Raya Kelapa Dua, Gading Serpong
Telpon: 021-33121314

No comments: