6.11.2010

Rahasia Bakar Lemak Lebih Cepat

Ingin membakar lemak lebih banyak saat berolahraga? Jangan makan sebelum berolahraga.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan tidak makan sebelum berlatih, maka Anda akan membakar lebih banyak lemak. Sayangnya tidak semua wanita bisa melakukan ini.

Otot biasanya mendapatkan energi dari karbohidrat, jika Anda tidak makan sebelum berolahraga maka tidak ada pemasukan karbohidrat ke dalam tubuh. Kekuatan karbohidrat tersebut digunakan untuk membakar lemak.

"Saat Anda berlatih tanpa makan sebelumnya, adrenalin Anda akan tinggi dan insulin Anda rendah. Rasio itu menguntungkan bagi otot-otot Anda untuk mengoksidasi (break down) asam lemak berlebih," ujar Peter Hespel, Profesor psikologi di Universitas Leuven di Belgia.

Hespel juga merekomendasikan orang-orang untuk berolahraga sebelum sarapan. Mengonsumsi karbohidrat dapat menganggu proses metabolisme lemak hingga enam jam setelahnya, seperti dikutip dari health24.

Masih menurut Hespel, dampak latihan tanpa makan bisa membantu orang yang memiliki masalah diabetes. Hal ini dikarenakan berolahraga tanpa makan membuat otot lebih baik dalam menyerap glukosa, yang baik untuk menghindari diabetes.

Tidak semua orang berolahraga tanpa makan sebelumnya, bisa dilakukan semua orang. Mereka yang memiliki tekanan darah rendah tidak dianjurkan untuk melakukan pola latihan seperti ini.

"Jika tekanan darah Anda rendah, akan merasa pusing sehingga tidak bisa berlatih sebaik saat Anda mendapatkan nutrisi yang baik," ujar Dr. Alexis Chang Colvin, ahli olahraga di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Amerika Serikat. Wanita yang pernah bekerja pada olahragawan profesional tersebut menganjurkan mereka yang mempunyai tekanan darah rendah untuk makan sedikit seperti sebuah pisang sebelum berolahraga.

No comments: