12.22.2010

Wortel Tidak Hanya Baik Untuk Mata

Selama ini yang kita ketahui manfaat wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi ternyata tidak hanya itu saja. Ingin tahu manfaat lain untuk kesehatan?

Sayuran warna oranye ini memilki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yaitu sebesar 12000 Sl. Wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain di dalamnya, antara lain kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C.

Wortel disebut-sebut sangat baik untuk mata. Kandungan karoten dan vitamin A mampu membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Wortel pun juga mampu menurunkan kadar kolesterol, darah tinggi dan mengeluarkan angin dalam tubuh dengan kandungan beta karotennya.

Manfaat lain dari wortel adalah mengurangi efek dari polusi dengan adanya kandungan antioksidan. Selain itu, daun wortel berguna untuk mengobati luka dalam mulut, nafas tidak segar, gusi berdarah dan sariawan.

Begitu banyak manfaat wortel untuk kesehatan, jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsinya. Agar tidak bosan, kombinasikan wortel dengan makanan kesukaan Anda, seperti saus barbeque atau keju cair.

No comments: